• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL INKUIRI MODIFIKASI (MODIFIED INQUIRY) DISERTAI METODE FISH BOWL PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub 1 (279)_1_processed.pdf (966.9Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Eni Lutfiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya fisika pada hakikatnya merupakan proses dan produk tentang pengkajian gejala alam, sehingga untuk menguasai fisika tidak cukup hanya diperoleh dengan cara belajar dari buku atau sekedar mendengarkan penjelasan dari pihak lain. Siswa dituntut untuk dapat membangun pengetahuan dalam benak mereka sendiri dengan peran aktifnya dalam proses belajar mengajar untuk menghasilkan suatu produk. Permasalahan dalam pendidikan saat ini yang banyak dibicarakan adalah rendahnya mutu pendidikan yang mana salah satu faktor penyebabnya adalah lemahnya proses pembelajaran. Untuk menciptakan suatu pengajaran yang efektif pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya fisika diperlukan suatu model atau metode pembelajaran yang dapat memproses informasi serta dapat menanamkan sikap aktif dalam pembelajaran. Salah satunya adalah model inkuiri modifikasi (modified inquiry) disertai metode fish bowl, yaitu suatu model pembelajaran memecahkan masalah secara mandiri dengan bimbingan dari guru yang sangat minimal yang mana pada fase menguji hipotesis divariasikan dengan metode fish bowl. Fish bowl merupakan variasi dari metode diskusi kelas untuk mengambil keputusan dengan beberapa peserta yang dipimpin oleh ketua yang berasal dari peserta didik dengan tempat duduk diatur setengah lingkaran dengan 2 atau 3 bangku kosong menghadap peserta diskusi dan kelompok pendengar duduk mengelilingi kelompok diskusi, seolah-olah melihat ikan dalam sebuah mangkok (fish bowl). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengkaji perbedaan antara hasil belajar siswa menggunakan model inkuiri modifikasi (modified inquiry) disertai metode fish bowl dengan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMP, (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model inkuiri modifikasi (modified inquiry) disertai metode fish bowl pada pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Bangsalsari. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan sampel kelas VII A sebagai kelas kontrol dan VII C sebagai kelas eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t (thitung) untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan uji t diperoleh harga thitung = 5,064 yang kemudian dikonsultasikan dengan harga ttabel dengan db = 48 pada taraf signifikansi 5%. Nilai db = 48 terletak diantara db = 40 yang mempunyai nilai ttabel = 2,68 dan db = 60 yang mempunyai nilai ttabel = 1,67 sehingga nilai ttabel dengan db = 48 adalah 2,276. Dengan demikian nilai thitung > ttabel (5,064 > 2,276), maka nilai thitung berada pada daerah Ha sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri modifikasi (modified inquiry) disertai metode fish bowl lebih baik daripada hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMP, (2) aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model inkuiri modifikasi (modified inquiry) disertai metode fish bowl adalah sebagai berikut: memperhatikan penjelasan guru 76,89% (aktif); aktif dalam kelompok 74,67% (aktif); melakukan eksperimen 91% (sangat aktif); menganalisis data 71,33 % (aktif) dan; mengemukakan pendapat 57,77 % (sedang).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22479
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository