• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MODEL POLYA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL KELAS VIIF SMPN 1 GLENMORE SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    Deni Eviliana.pdf (111.8Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Deni Eviliana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tingkat penguasaan konsep tentang soal cerita di kelas VII F SMPN 1 Glenmore masih sangat rendah. Hal ini terlihat dari hasil ujian tengah semester yang dikemas dalam bentuk soal cerita, hanya ada 65% siswa yang tuntas. Penggunaan teori polya dalam menyelesaikan soal cerita diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan cerita. Selain itu, sebagian besar siswa kelas ini cenderung pasif selama pembelajaran disebabkan siswa malu dan enggan bertanya maupun berpendapat kepada guru. Oleh karena itu, penerapan tutor sebaya selama pembelajaran diharapkan mampu ini bisa membuat siswa lebih aktif bertanya dan tidak lagi enggan bertanya kepada tutor yang lebih mengerti sehingga menunjang proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalah tersebut, penelitian ini menggunakan pembelajaran tutor sebaya dalam pengaturan kelasnya dan penyampaian tahapan-tahapan model polya untuk membantu siswa memahami cara penyelesaian soal cerita. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Glenmore Banyuwangi tanggal 8 Desember- 22 Desember 2010 dengan obyek penelitian siswa kelas VIIF. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan melakukan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa tes akhir, data aktivitas siswa dan data aktivitas guru selama proses pembelajaran serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas siswa, persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I rata-rata sebesar 81,12% meningkat pada siklus II rata-rata sebesar 90,93%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan tutor sebaya mampu meningkatkan aktivitas siswa. Hasil belajar dikatakan tuntas baik pada siklus I maupun pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II tetap yaitu sebesar 92,5%. Sedangkan rata-rata hasil tes akhir dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 79.95 menjadi 82.8. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan tutor sebaya dalam meyelesaikan soal cerita model polya mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIF SMPN 1 Glenmore pada materi aritmatika sosial.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22478
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository