• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KARAKTERISTIK PENGGUNAAN ZONA SELAMAT SEKOLAH DI KOTA JEMBER (STUDI KASUS JALAN AHMAD YANI DAN JALAN BRAWIJAYA)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub 1 (257)_1_processed.pdf (584.5Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    ENDAR DWI AGUSTIEN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Manajemen lalu lintas merupakan pengelolan dan pengendalian arus lalu lintas dengan melakukan optimasi penggunaan prasarana yang ada. Salah satu tujuannya adalah meningkatkan dan memperbaiki keselamatan dari pengguna jalan sebaik mungkin. Zona Selamat Sekolah (ZoSS) merupakan salah satu program inovatif dalam bentuk zona kecepatan berbasis waktu yang dapat digunakan untuk mengatur kecepatan kendaraan di area sekolah pada jam tertentu. Evaluasi untuk penggunaan Zona Selamat Sekolah perlu dilakukan untuk mengetahui seperti apa karakteristik penggunaan Zona Selamat Sekolah di kota Jember ditinjau dari kondisi kelengkapan, pemakai jalan, kecepatan kendaraan, dan volume lalu lintas. Studi dilakukan di kota Jember pada Sekolah Dasar Kepatihan 2 di jalan Ahmad Yani dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 di jalan Brawijaya. Data yang digunakan adalah data primer meliputi perilku penyeberang/pengantar, kecepatan sesaat, volume lalu lintas, dan geometrik jalan, serta data sekunder meliputi peta lokasi, dan jumlah murid. Data perilaku penyeberang/pengantar dan kecepatan dianalisis berdasarkan SK 3236/AJ 403/DRJD/2006, sedangkan volume lalu lintas dianalisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Setelah hasil analisa maka dapat diketahui kecepatan, perilaku penyeberang dan pengantar sudah mematuhi peraturan yang berlaku di lokasi ZoSS atau belum. Hasil penelitian menyatakan bahwa kelengkapan ZoSS belum sesuai dengan pedoman. Tidak semua rambu di gunakan di area zona selamat sekolah seperti rambu peringatan area zona selamat sekolah, rambu peringatan larangan parkir, dan rambu petunjuk tempat penyeberangan. Ditinjau dari karakteristik pemakai jalan dan kecepatan dapat disimpulan bahwa hanya perilaku penyeberang yang sudah memenuhi prosedur penggunaan ZoSS, sedangkan kecepatan dan perilaku pengantar masih belum memenuhi terutama pada periode pagi. Kedua lokasi penelitian masih berada pada tingkat pelayanan B yang berarti bahwa pada lokasi ZoSS, arus lalu lintas masih stabil dan kecepatan mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22439
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4211]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository