• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE EKSPERIMEN TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS IV DI SDN GLAGAHWERO 01 KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub 1 (250)_1_processed.pdf (204.8Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    ENDANG SETIORINI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA menunjukkan bahwa pembelajaran IPA di kelas pada umumnnya kurang maksimal. Siswa dalam pembelajaran cenderung krang aktif dan terlihat bosan. Ini disebabkan oleh pembelajaran yang ada tidak melibatkan siswa dan berpusat pada guru. Akibatnya adalah hasil belajar siswa menjadi kurang. Sedangkan porsentase ketuntasan klasikal rendah. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui : (1) Peningkatan hasil belajar melalui penerapan metode eksperiman dalam pembelajaran IPA tentang gaya. (2) Peningkatan keaktifan siswa melalui penerapan metode eksperiman dalam pembelajaran IPA tentang gaya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Glagahwero 01 Kecamatan Panti Kabupaten Jember kelas IV yang terdiri dari 30 orang siswa. Pembelajarn dikelas menggunakan teknik pembagian kelompok. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penlitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 2 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Pengambilan data dimulai pada tanggal 1 Februari 2011. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa pada pelaksanaan penelitian terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa. Sedangkan berdasarkan hasil tes akhir dalam pengerjaan tes esai diperoleh porsentase ketuntasan klasikal siklus I menjadi 70 %. dan pada siklus II porsentase ketuntasan klasikal pengerjaan tes esai menjadi 87%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi gaya melalui penerapan metode eksperimen.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22416
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository