PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA VCD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN KEDUDUKAN DAN PERGERAKAN PLANET DALAM TATA SURYA DI KELAS VI SDN PRINGGONDANI 01 KECAMATAN SUMBERJAMBE KABUPATEN JEMBER
Abstract
Situasi awal pembelajaran pra siklus, siswa mengalami kesulitan
memahami materi yang diajarkan dan perhatian siswa kurang terfokus pada
pembelajaran serta jarang bertanya. Hasil pengkajian dokumen menunjukkan
bahwa dari 38 siswa terdapat 23 siswa atau 60,52% yang memperoleh nilai
tes 65 dan 15 siswa atau 39,47% siswa yang memperoleh nilai tes 65. Standar
ketuntasan belajar individu adalah 65 dan standar ketuntasan klasikal dikatakan
tuntas apabila 65% siswa memperoleh nilai 65. Adapun rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah peningkatan akivitas belajar siswa
pada mata pelajaran IPA pokok bahasan kedudukan dan pergerakan planet dalam
tata surya dengan pendekatan kooperatif tipe STAD dengan media VCD pada
siswa kelas VI SDN Pringgondani 01 Kecamatan Sumberjambe Kabupaten
Jember dan Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
IPA pokok bahasan kedudukan dan pergerakan planet dalam tata surya dengan
pendekatan kooperatif tipe STAD dengan media VCD pada siswa kelas VI SDN
Pringgondani 01 Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Penelitian ini
dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan
kedudukan dan pergerakan planet dalam tata surya dengan pendekatan kooperatif
tipe STAD dengan media VCD pada siswa kelas VI SDN Pringgondani 01
Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Tempat pelaksanaan penelitian
berlokasi di SDN Pringgondani 01, Dusun Taman Burnih Desa Pringgondani
Kecamatan Sumberjambe, Jember. Pengambilan data dalam penelitian ini
dilaksanakan mulai tanggal 8 Maret 2012 sampai dengan tanggal 13 Maret 2012,subyek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah siswa 38 anak, terdiri dari
19 laki-laki dan 19 perempuan. Sumber data diperoleh dari siswa kelas VI dan
dokumen nilai. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan statistik deskriptif
dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan
metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes serta prosedur penelitian
mencakup perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas dan hasil belajar meningkat.
Situasi dan keadaan sebelum penelitian dilakukan, siswa cenderung pasif dan
jarang bertanya. Analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPA siklus 1
persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa secara klasikal mencapai 57,89%.
Pada siklus 2 persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa secara klasikal
mencapai 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan ketuntasan
aktivitas belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 mencapai 42,11%, maka aktivitas
belajar siswa dapat dikatakan tuntas/berhasil dengan persentase 100%. Kemudian
hasil analisis ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 mencapai 52,63%. Pada
siklus 2 mencapai 76,32%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan
ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 23,69%, maka
ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dikataakan tuntas/berhasil
dengan persentase 76,32%.
Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah
terjadipeningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan kedudukan dan
pergerakan planet dalam tata surya dengan pendekatan kooperatif tipe STAD
dengan media VCD pada siswa kelas VI SDN Pringgondani 01 Kecamatan
Sumberjambe Kabupaten Jember. Adapun saran penulis bagi pihak-pihak yang
terkait dalam penelitian ini adalah hendaknyan melakukan inovasi pembelajaran
yang variatif agar pembelajaran dapat menyenangkan bagi siswa.