Persepsi Konsumen Terhadap Bauran Pemasaran Berdasarkan Segmentasi Pasar Faktor Psikografi Dan Demografi Sebagai Dasar Strategi Pemasaran AQUA Dalam Kemasan Di Kota Jember
Abstract
Penelitian yang berjudul “Persepsi Konsumen Terhadap Bauran Pemasaran Berdasarkan Faktor
Demografi Sebagai Dasar Strategi Pemasaran AQUA Dalam Kemasan Di Kota Jember” ini
bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen yang meliputi bauran pemasaran dilihat dari faktor
psikografi ( gaya hidup )dan demografi (jenis kelamin, status perkawinan, tingkat umur,
tingkat pendidikan, tingkat pendapatan dan jenis pekerjaan) yang hasilnya akan digunakan
untuk strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan analisis cluster dengan tujuan dapat
mengelompokkan konsumen dan mengetahui persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran
(harga, produk, pendistribusian, kualitas, pelayanan, merk, kemasan). Sampel yang dijadikan
obyek dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Dengan menggunakan kuesioner sebagai alat
pengumpul data. Dari hasil analisis cluster didapatkan Segmen yang dituju perusahaan adalah Dari
variabel pendidikan cluster terbanyak yaitu lulusan SMA, dari variabel pekerjaan cluster terbanyak
yaitu mahasiswa atau pelajar, dari variabel umur cluster terbanyak yaitu usia 15 -25, dari variabel
pendapatan cluster terbanyak adalah konsumen dengan pendapatan 1 juta -2 juta, dari variabel
ukuran keluarga cluster terbanyak adalah konsumen cluster konsumen belum menikah, dari
variabel gaya hidup yaitu konsumen yang sering minum Aqua. Dari persepsi bauran pemasaran
yang dipertimbangkan konsumen adalah atribut kualitas, harga, pelayanan, merk dan yang sering
minum aqua.