P E NI N G K AT AN K E T E RAM P I L AN M E NUL I S K ARAN G AN NARA S I M E L AL UI P E NDE K A T AN K E T E RAM P I L A N PRO S E S DAN M O DE L E X A M PLE NON E X A M PLE S I S W A K E L AS I I I A S DN AJUN G 03 J E M B E R T AH UN P E L AJAR AN 2012/ 2013
View/ Open
Date
2014-01-23Author
G al i h Rah ayu K ar t i k a P u t r i
Metadata
Show full item recordAbstract
P
e
m
be
l
a
j
a
r
a
n
ba
h
a
s
a
I
ndon
e
s
i
a
di
g
un
a
ka
n
unt
uk
m
e
ng
e
m
ba
n
g
ka
n
ke
m
a
m
pua
n
be
r
b
a
ha
s
a
I
ndone
s
i
a
s
e
s
ua
i
de
n
g
a
n
ke
m
a
m
pua
n,
ke
but
uha
n,
da
n
m
i
na
t
s
i
s
wa
.
Ke
t
e
r
a
m
pi
l
a
n
b
a
ha
s
a
y
a
n
g
di
m
i
l
i
ki
,
s
e
be
r
a
p
a
pun
t
i
n
g
ka
t
a
t
a
u
kua
l
i
t
a
s
ke
t
e
r
a
m
pi
l
a
n
i
t
u
a
ka
n
di
pe
r
g
una
ka
n
d
a
l
a
m
be
r
ko
m
uni
ka
s
i
.
Tuj
ua
n
da
r
i
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
ba
ha
s
a
I
ndone
s
i
a
a
da
l
a
h
pe
s
e
r
t
a
di
di
k
m
e
m
i
l
i
ki
kom
pe
t
e
ns
i
kom
uni
ka
t
i
f
.
Kom
pe
t
e
ns
i
i
ni
m
e
l
i
put
i
ke
t
e
r
a
m
pi
l
a
n
m
e
n
y
i
m
a
k,
be
r
bi
c
a
r
a
,
m
e
m
ba
c
a
,
da
n
m
e
nul
i
s
.
K
ur
i
kul
um
B
e
r
b
a
s
i
s
K
om
pe
t
e
ns
i
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
da
n
s
i
s
wa
m
e
m
pun
y
a
i
ke
l
e
l
ua
s
a
a
n
g
e
r
a
k,
m
e
r
a
s
a
a
m
a
n,
be
r
g
e
m
bi
r
a
,
be
r
s
e
m
a
n
ga
t
da
n
be
r
ga
i
r
a
h
unt
uk
be
l
a
j
a
r
.
D
e
n
g
a
n
de
m
i
ki
a
n,
m
a
t
e
r
i
y
a
n
g
di
be
r
i
ka
n
ke
pa
da
s
i
s
wa
a
ka
n m
e
n
c
a
pa
i
ha
s
i
l
y
a
n
g
m
a
ks
i
m
a
l
.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah
peningkatan keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris setelah diterapkan
pendekatan keterampilan proses dan model example non example pada siswa kelas
IIIA SDN Ajung 03 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah
meningkatkan keterampilan menulis karangan setelah diterapkan pendekatan
keterampilan proses dan melalui model example non example pada siswa kelas IIIA
SDN Ajung 03 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas
Pelaksanaan proses pembelajaran menulis karangan narasi dengan penerapan
pendekatan keterampilan proses dan model example non example untuk
meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IIIA SDN Ajung 03 Jember dapat
disimpulkan berhasil dengan peningkatan antara pra siklus, siklus I dan siklus II.
Hasil karangan narasi siswa pada tahap prasiklus siswa yang tidak mencapai
ketuntasan hasil belajar sebanyak 44 siswa