• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI METODE EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM PEMBENTUKAN KONSEP FISIKA SISWA SMP

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (80)a_1.pdf (769.6Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Gaguk Fitriono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji perbedaan pembentukan konsep fisika siswa antara yang menggunakan metode Example Non Example dan tidak menggunakan metode Example Non Example dalam pembelajaran fisika di SMP dan mengkaji perbedaan retensi konsep fisika siswa yang terbentuk antara yang menggunakan metode Example Non Example dan tidak menggunakan metode Example Non Example dalam pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bangsalsari. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan Design Randomized Post Test Only Control Group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan SPSS 16 menunjukkan ada perbedaan signifikan antara pembentukan konsep fisika antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Setelah dikonsultasikan pada taraf signifikasi 5% hasilnya 0,041 atau < 0,05. Hasil analisis retensi konsep fisika yang terbentuk selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan metode Example Non Example setelah pembelajaran fisika kriteria persentase retensi konsep fisika yang terbentuk kelas eksperimen 100,2% dengan rata-rata skor retensi 71,24 dan kelas kontrol 96,69% dengan rata-rata skor retensi 62,6. Berdasarkan analisis data kognitif produk diperoleh nilai Sig.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22349
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository