PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI POKOK BAHASAN JURNAL KHUSUS
Abstract
Rendahnya pemahaman dan keterampilan siswa pada mata pelajaran
akuntansi salah satunya dikarenakan penerapan metode yang masih konvensional,
untuk itu penerapan metode proyek sangatlah diperlukan. Penerapan metode proyek
diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan sehingga
siswa lebih mudah memahami teori akuntansi dan memiliki keterampilan yang
tinggi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode
proyek pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal khusus (Studi kasus pada
siswa kelas XI AK 2 SMK Plus Al-Mujahidi Gumukmas, Kab. Jember semester
genap tahun ajaran 2010/2011)? 2) Apakah penerapan metode proyek dapat
meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dari tingkat rendah menjadi
tingkat tinggi pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal khusus (Studi
kasus pada siswa kelas XI AK 2 SMK Plus Al-Mujahidi Gumukmas, Kab. Jember
semester genap tahun ajaran 2010/2011)?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi antara guru dan
peneliti yang bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan proses penerapan metode proyek
pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal khusus (Studi kasus pada siswa
kelas XI AK 2 SMK Plus Al-Mujahidi semester genap tahun ajaran 2010/2011). 2)
Mengetahui adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa terhadap
pelajaran akuntansi dari tingkat rendah menjadi tingkat tinggi dengan penerapan
metode proyek pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal khusus (Studi kasus pada siswa kelas XI AK 2 SMK Plus Al-Mujahidi semester genap tahun ajaran
2010/2011).
Pemahaman siswa dapat dilihat dari mampu menyatakan ulang sebuah
konsep, mampu mengklasifikasi objek sesuai dengan konsep, mampu memberi
contoh, mampu mengembangkan pengetahuan dari suatu konsep, mampu
mengaplikasikan konsep akuntansi untuk pemecahan masalah serta nilai ulangan
harian. Keterampilan siswa dilihat dari menganalisis data transaksi pada jurnal
khusus, menggolongkan data-data transaksi sesuai pada penggolongannya, mencatat
data-data transaksi pada jurnal khusus, menghitung data transaksi pada jurnal khusus
serta di lihat dari nilai ulangan harian.
Penelitian ini dilakukan di kelas XI AK 2 SMK Plus Al-Mujahidi,
Gumukmas- Kab. Jember mulai tanggal 31 Januari - 17 Februari 2011. Penelitian ini
dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data
deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan
tindakan.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dari siklus I
sebesar 1,9 (sedang) menjadi 2,7 (tinggi) pada siklus II. Peningkatan keterampilan
siswa pada siklus I yaitu 2,2 (sedang) menjadi 2,7 (tinggi) siklus II. Nilai rata-rata tes
siswa pada siklus I yaitu 71 ketuntasan klasikal 71% meningkat pada siklus II yaitu
82 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan
penerapan metode proyek dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa.
Peneliti menyarankan kepada guru akuntansi SMK Plus Al-Mujahidi dapat dijadikan
sebagai alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan
pemahaman dan keterampilan siswa terhadap suatu materi yang diajarkan.
PRAKATA