• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DISERTAI PERFORMANCE ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-A PADA SUB POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK DI SMP NEGERI 1 JENGGAWAH SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub 1 (350)_1_processed.pdf (293.6Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Erina Tri Puspitasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan ilmu universal yang mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Oleh karenanya matematika perlu diberikan kepada semua siswa agar mampu menggunakan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dari hasil observasi awal dan wawancara dengan guru bidang studi matematika di SMP Negeri 1 Jenggawah, diperoleh informasi bahwa guru menerapkan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Akibatnya, siswa hanya menghafal konsep dan kurang mampu mengaplikasikan konsep tersebut jika mengerjakan soal yang berbentuk masalah. Selain itu, teknik penilaian yang biasa digunakan oleh guru yaitu melalui tes konvensional berupa tes tertulis. Tes ini hanya menilai kemampuan kognitif siswa, sehingga tidak dapat mengungkapkan penguasaan siswa yang sebenarnya terhadap materi yang diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang menuntut siswa aktif dalam melakukan pemecahan masalah adalah model Problem Based Instruction (PBI) disertai Performance Assessment. Model PBI menuntut siswa untuk dapat menyelesaikan permasalahan secara real, sehingga akan memiliki pengalaman secara langsung dan akan lebih melekat pada ingatan. Sedangkan teknik penilaian yang dapat diterapkan yaitu Performance Assessment. Penilaian ini dipercaya lebih otentik dan mencerminkan kemampuan peserta didik yang sesungguhnya dibandingkan dengan tes tertulis. Sedangkan materi yang dipilih dalam penelitian ini adalah bangun ruang sisi datar, khususnya kubus dan balok. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: (1) Mendeskripsikan penerapan model PBI disertai Performance Assesment untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-A pada sub pokok bahasan Luas Permukaan dan ix Volume dari Kubus dan Balok di SMP Negeri 1 Jenggawah; (2) menganalisis aktivitas siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 1 Jenggawah dalam pembelajaran dengan model PBI disertai Performance Assesment pada sub pokok bahasan Luas Permukaan dan Volume dari Kubus dan Balok; (3) menganalisis hasil belajar siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 1 Jenggawah setelah mengikuti proses pembelajaran dengan model PBI disertai Performance Assesment pada sub pokok bahasan Luas Permukaan dan Volume dari Kubus dan Balok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-A SMP Negeri 1 Jenggawah. Desain penelitian yang digunakan adalah model Hopkins. Penelitian ini direncanakan dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan, pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua dilakukan pembelajaran, dan pertemuan ketiga diadakan tes akhir siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah: (1) penerapan model PBI disertai Performance Assessment pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok; (2) aktivitas belajar siswa; (3) aktivitas guru; (4) ketuntasan hasil belajar. Penerapan model PBI disertai Performance Assessment pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok berjalan dengan lancar pada setiap siklus. Pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa adalah 59,46%. Pada siklus II, persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 89,19%. Sedangkan aktivitas siswa juga meningkat dari 70,83% pada siklus I menjadi 87,50% pada siklus II. Secara keseluruhan pembelajaran dengan model PBI disertai Performance Assessment dilaksanakan dengan baik walaupun masih terdapat kekurangan dalam penerapannya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22329
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository