dc.description.abstract | Pembelajaran IPA di kelas V SDN Tempurejo 07 Jember tahun pelajaran
2011/2012 cenderung masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan
penugasan saja, hal ini mennyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti
kegiatan pembelajaran di kelas sehingga berakibat terhadap rendahnya hasil belajar
siswa. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah
pembelajaran IPA tersebut adalah melalui metode eksperimen dan teknik mind
mapping, dimana dalam metode eksperimen siswa melakukan percobaan dengan
mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari. Setelah siswa
melakukan eksperimen, kemudian siswa menuangkan temuan-temuan tersebut dalam
bentuk catatan berupa mind mapping, sehingga rumusan masalah yang muncul adalah
“Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPA pokok
bahasan sifat-sifat cahaya melalui metode eksperimen dan teknik mind mapping kelas
V SDN Tempurejo 07 Jember tahun pelajaran 2011/2012?”, dan “Bagaimanakah
peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya
melalui metode eksperimen dan teknik mind mapping kelas V SDN Tempurejo 07
Jember tahun pelajaran 2011/2012?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya
melalui metode eksperimen dan teknik mind mapping kelas V SDN Tempurejo 07
Jember tahun pelajaran 2011/2012. | en_US |