Show simple item record

dc.contributor.authorMARIA OKTA MAWARDHANI
dc.date.accessioned2014-01-23T06:33:58Z
dc.date.available2014-01-23T06:33:58Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM080210204160
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22299
dc.description.abstractPendidikan mempunyai peranan penting dalam pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Kualitas pembelajaran harus ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas hasil pendidikan. Efektivitas metode pembelajaran merupakan cara dalam proses belajar mengajar yang dapat membantu para siswa agar bisa belajar dengan baik untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Hasil yang diperoleh adalah aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran cenderung duduk diam dan tidak aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar yang ditunjukkan dengan berbicara, bermain sendiri dengan teman sebangku, kurang bergairah dan enggan terlibat dalam kegiatan pembelajaran, siswa tidak pernah mengajukan pertanyaan yang dianggap kurang dimengerti. Selain itu hasil belajar IPS di SDN Sanenrejo 04 kecamatan Tempurejo kabupaten Jember khususnya kelas III yang masih rendah dan di bawah SKM. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS dengan menggunakan model bermain peran (role playing) pada siswa kelas III dalam pokok bahasan jual beli di SDN Sanenrejo 04 kecamatan Tempurejo kabupaten Jember Tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan data dilaksanakan di SD Sanenrejo 04 mulai tanggal 17 Desember sampai 20 Mei 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas III. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema Kemmis dan Mc Taggart dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan melakukan refleksi (reflection). Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran IPS menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal sebesar 56,66% dan siklus II secara klasikal sebesar 83,33% atau dapat dikatakan tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204160;
dc.titleP ENINGKAT POKOK ENINGKAT AN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN JUAL BELI MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS III BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS III SDN SANENREJO 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HASIL BELAJAR IPS BAHASAN JUAL BELI MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IIIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record