dc.description.abstract | Pendidikan mempunyai peranan penting dalam pembentukan sumber daya
manusia yang berkualitas. Kualitas pembelajaran harus ditingkatkan untuk
meningkatkan kualitas hasil pendidikan. Efektivitas metode pembelajaran merupakan
cara dalam proses belajar mengajar yang dapat membantu para siswa agar bisa belajar
dengan baik untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa untuk
mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Hasil yang diperoleh adalah
aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran cenderung duduk diam dan tidak aktif
mengikuti kegiatan belajar mengajar yang ditunjukkan dengan berbicara, bermain
sendiri dengan teman sebangku, kurang bergairah dan enggan terlibat dalam kegiatan
pembelajaran, siswa tidak pernah mengajukan pertanyaan yang dianggap kurang
dimengerti. Selain itu hasil belajar IPS di SDN Sanenrejo 04 kecamatan Tempurejo
kabupaten Jember khususnya kelas III yang masih rendah dan di bawah SKM.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk peningkatan
ketuntasan hasil belajar IPS dengan menggunakan model bermain peran (role
playing) pada siswa kelas III dalam pokok bahasan jual beli di SDN Sanenrejo 04
kecamatan Tempurejo kabupaten Jember Tahun ajaran 2010/2011.
Pengambilan data dilaksanakan di SD Sanenrejo 04 mulai tanggal 17
Desember sampai 20 Mei 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa
kelas III. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah
model skema Kemmis dan Mc Taggart dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi
(observation), dan melakukan refleksi (reflection). Analisa data yang digunakan
dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dua
siklus.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut: Pembelajaran IPS menggunakan media gambar dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan hasil
belajar siswa pada siklus I secara klasikal sebesar 56,66% dan siklus II secara klasikal
sebesar 83,33% atau dapat dikatakan tuntas. | en_US |