• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI POKOK BAHASAN BAGIANBAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN 8 KALIGONDO KECAMATAN GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdl (182)_1.pdf (112.0Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Sherly Kusturika Andriani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Media Pembelajaran Kokami Pokok Bahasan Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Pada Siswa Kelas IV SDN 8 Kaligondo Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2010/2011; Sherly Kusturika Andriani; 080210204162; 2010; 60 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Hasil observasi di SDN 8 Kaligondo menunjukkan bahwa tidak adanya media pembelajaran dalam penyampaian materi pelajaran IPA menyebabkan siswa kurang tertarik dan kurang jelas dengan materi pelajaran sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar IPA masih rendah. Hal ini dapat diketahui dari hasil ulangan harian siswa sebanyak 75% dari 20 siswa di kelas IV mencapai nilai kurang dari 60 yang berarti daya serap klasikal masih di bawah standar 75% dari 20 siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya melalui media pembelajaran Kokami pada siswa kelas IV SDN 8 Kaligondo Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011, (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA melalui media pembelajaran Kokami pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN 8 Kaligondo Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya melalui media pembelajaran Kokami pada siswa kelas IV SDN 8 Kaligondo Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui media pembelajaran Kokami pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN 8 Kaligondo Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SDN 8 Kaligondo Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 8 Kaligondo Tahun Ajaran 2010/ 2011, sebanyak 20 siswa, dengan 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 27 September 2010 sampai 07 Oktober 2010. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA menggunakan media Kokami dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 8 Kaligondo yang ditunjukkan oleh ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I sebesar 60% dan siklus II sebesar 80%. Pembelajaran IPA menggunakan media Kokami dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada analisis aktifitas siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 57,7% dan termasuk pada kriteria aktif ke siklus II sebesar 76,3% termasuk pada kriteria sangat aktif. Hal-hal yang perlu diperhatikan agar media pembelajaran Kokami dapat digunakan secara efektif adalah sebagai berikut: media pembelajaran Kokami akan lebih baik jika dalam penggunaannya digabungkan dengan media lain, misalnya benda konkrit untuk menguatkan tujuan pembelajaran, teknik permainan Kokami dibuat semenarik mungkin yaitu dengan membuat pertanyaan pada kartu pesan yang nantinya semua anggota kelompok mempunyai kesempatan untuk menjawab pertanyaan pada kartu pesan sehingga semua anggota kelompok aktif dalam pelaksanaan pembelajaran, dan pemberian bimbingan dan motivasi dari guru juga sangat berpengaruh pada keberhasilan permainan Kokami, karena bimbingan intensif dari guru akan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22289
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository