• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN KERJASAMA MELALUI MEDIA FILM ANIMASI PADA SISWA KELAS II SDN NOGOSARI 05 RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub 1 (182)_1.pdf (184.7Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    ELOK SURYANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu cara untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien ialah dengan memilih media pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa serta dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Berasarkan pengamatan dan wawancara yang telah dilakukan di SDN Nogosari 05 Rambipuji, diperoleh informasi bahwa aktivitas dan hasil belajar sebagaian besar siswa dalam mata pelajaran IPS masih tergolong rendah. Sebagian besar siswa kelas II masih mengalami kesulitan ketika memahami materi IPS yang dianggap materi hafalan dan sulit dimengerti. Hasil pretest menunjukkan bahwa masih 85% siswa kurang menguasai materi IPS. Pembelajaran seharí-hari yang dilakukan dengan menjelaskan secara lisan dan tertulis di papan tulis hanya direspon oleh sebagian kecil siswa yang berasal dari TK. Untuk mengatasi beberapa permasalahan tersebut, di upayakan pemecahan yang tepat, di antaranya adalah dengan menggunakan media film animasi yang relevan dengan materi kerja sama. Film animasi merupakan media audio-visual yang digunakan dengan mengandalkan indera penglihatan dan indera pendengaran. Dengan penggunaan media film animasi ini diharapkan siswa dapat termotivasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS karena anak usia kelas II SD masih tergolong anak yang suka bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS materi kerja sama siswa kelas II SDN Nogosari 05 Rambipuji melalui ix media film animasi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dalam penelitian ini dilakukan dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 01 Maret 2011 sampai tanggal 31 Maret 2011 . Instrumen penelitian ini antara lain lembar wawancara, lembar observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan yang ditujukan kepada guru (peneliti) dan siswa. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media film animasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan, aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 48,89%, pada siklus I sebesar 73,7% yang termasuk dalam kategori aktif, dan pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 76% yang termasuk dalam kategori sangat aktif. Aktivitas belajar siswa mengalami persentase peningkatan sebesar 2,30%. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada pra siklus siswa yang mendapat nilai 60 ke atas berjumlah 13 orang dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 28,89%. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai 60 ke atas berjumlah 35 orang dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 77,78%. Pada siklus II siswa yang mendapat nilai 60 ke atas meningkat menjadi 44 orang dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 93,33%. Siswa yang mendapat nilai 60 ke atas mengalami persentase peningkatan sebesar 3,49%, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal mengalami persentase peningkatan sebesar 15,55%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media film animasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi kerja sama siswa kelas II SDN Nogosari 05 Rambipuji. Maka berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru dapat mencoba menggunakan media film animasi pada materi lain untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan guru hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi tidak hanya ceramah saja, dan mengkombinasikan media LKS dengan media pembelajaran lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22262
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository