Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Pokok Bahasan Saluran dan Jaringan Distribusi di Kelas XI RPL SMK Negeri 1 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
Siswa SMK diharapkan memiliki kreativitas dalam kegiatan belajarnya, sebab
dengan kreativitas yang tinggi maka lulusan SMK akan memiliki nilai lebih didalam
dunia kerja yang akan digelutinya, dimana hal ini merupakan tujuan dari SMK yaitu
mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja. Kreativitas siswa dalam kegiatan
pembelajaran di SMK menurut prinsip SMK sebagai lembaga pendidikan formal
perlu ditumbuhkan dan dikembangkan. Kreativitas siswa akan dapat dilihat dari daya
kreasi yang ditunjukkan siswa baik dalam proses pembelajaran maupun dalam
pengerjaan tugas-tugas sekolah. Tetapi fakta di lapangan menunjukkan bahwa siswa
dalam pelajaran Kewirausahaan memiliki tingkat kreativitas yang masih kurang. Hal
ini dapat dilihat dari indikator tingkat kreativitas siswa yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu latar belakang membaca, partisipasi dalam melaksanakan tugas,
keaslian berpikir dan kemampuan membuat analisis sintesis.
Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru untuk
meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa adalah metode Simulasi. Metode
simulasi adalah metode pembelajaran dimana siswa yang terlibat didalamnya
memerankan dirinya sebagai orang lain agar dapat mempelajari dan merasakan
bagaimana orang lain tersebut bertindak.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakan penerapan metode
simulasi dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa