Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Siswa Belajar Melalui Penerapan Portofolio Pada Mata Pelajaran IPS (Ekonomi) Pokok Bahasan Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Makhluk Ekonomi Kelas VII B Semester Ganjil SMP Muhammadiyah 1 Jember Tahun Ajaran 2010/2011. ”Shendy Andrey Wijaya, 050210301214
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan
untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan
portofolio pada mata pelajaran IPS ekonomi pokok bahasan manusia sebagai
makhluk sosial dan makhluk ekonomi tahun ajaran 2010/2011. Aktivitas belajar yang
rendah pada mata pelajaran IPS ekonomi berdampak pada kurang efektifnya suatu
pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa. Berbagai faktor yang mempengaruhi
diantaranya, siswa tidak memiliki buku paket IPS ekonomi, siswa jarang
menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru, siswa merasa pelajaran IPS ekonomi
membosankan karena aktivitas siswa dalam proses pembelajaran hanya
memperhatikan guru menerangkan, mendengarkan dan mencatat. Peran peserta didik
di dalam proses belajar mengajar seharusnya berusaha secara aktif untuk
mengembangkan dirinya di bawah bimbingan guru. Aktivitas siswa yang hanya
memperhatikan guru menerangkan, mendengarkan, dan mencatat merupakan
pembelajaran yang sudah seharusnya ditinggalkan.
Proses pembelajaran yang baik adalah proses pembelajaran yang membentuk
suatu interaksi timbal balik dan hidup antara guru dengan siswa maupun siswa
dengan siswa. Di samping itu diharapkan proses pembelajaran yang berlangsung di
kelas menjadi suatu kegiatan yang menarik bagi siswa, sehingga aktivitas belajar
siswa tidak membosankan. Penerapan portofolio dalam penelitian ini, bertujuan untuk meningkatkan
aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi. Penelitian ini dilakukan di
SMP Muhammadiyah 1 Jember. Penentuan subjek penelitian menggunakan populasi,
yaitu kelas VII B dengan jumlag siswa sebanyak 42 siswa. sumber data primer
diperoleh dari siswa kelas VII B dan guru IPS ekonomi, sedangkan data sekunder
diperoleh dari kabag tata usaha. Desain dari penelitian ini adalah model spiral
penelitian tindakan kelas Hopkins dengan menggunakan empat fase yaitu
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data pada penelitian
ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas belajar siswa. Sebelum tindakan, hasil dari aktivitas belajar siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran rendah dengan skor rata-rata seluruh aktivitas siswa
sebesar 1,9. Setelah dilaksanakan penerapan portofolio pada siklus I, hasil dari
aktivitas belajar siswa meningkat dari rendah menjadi sedang dengan skor rata-rata
2,8. Pada siklus II, hasil dari aktivitas belajar siswa meningkat lagi yaitu dari rendah
menjadi tinggi dengan skor rata-rata 3,6. Hasil tersebut sudah mencapai target
aktivitas belajar siswa yang ditentukan yaitu tinggi dengan skor rata-rata 3,6.
Peningkatan aktivitas belajar siswa, berpengaruh pada hasil belajar siswa. Hal
ini tampak dari hasil belajar siswa pada setiap siklusnya selalu meningkat baik secara
klasikal maupun individual. Pada saat sebelum tindakan, ketuntasan belajar siswa
secara klasikal sebesar 33,33%. Setelah diterapkan portofolio pada siklus I dan siklus
II, ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 59,52% di siklus I,
pada siklus II hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 80,95%.