PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI (SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RAMBIPUJI JEMBER)
Abstract
Pendidikan merupakan elemen yang sangat penting untuk menciptakan
sumber daya yang berkualitas, cerdas, damai, terbuka, demokratis dan mampu
bersaing serta dapat meningkatkan kesejahteraan semua warga Negara Indonesia.
Dengan sumber daya manusia yang bermutu diharapkan dapat menghadapi
berbagai perubahan dan tantangan Globalisasi yang sedang dan akan terjadi,
oleh karena itu program pendidikan hendaknya senantiasa di tinjau dan
diperbaiki (Undang–Undang RI, 2006).
Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa kurang berminat dalam belajar
biologi dan siswa kurang termotivasi dalam proses belajar, hal ini dapat dibuktikan
dari hasil belajar siswa yang tidak memenuhi standart ketuntasan belajar biologi dan
juga dapat dilihat dari kegiatan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang
tidak begitu antusias dan cenderung tidak memperhatikan pelajaran yang disajikan
oleh guru di SMA Negeri Rambipuji.
Dari hasil wawancara dengan guru biologi, guru juga jarang menerapkan
metode pembelajaran karena kurang begitu berhasil dan diskusi siswa juga tidak
terlaksana dengan baik, maka dari hasil observasi tersebut peneliti mencoba untuk
memberikan solusi dari permasalahan pembelajaran dengan menerapkan sebuah
model pembalajaran yang sepenuhnya melibatkan siswa dalam kegiatan belajar
dengan harapan siswa dapat termotivasi dan berminat dalam kegiatan belajar biologi.
Peneliti menerapkan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan SETS (Science,
Environment, Technology, and Society) dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan aktivitas dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran
biologi.