PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRASPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 04 JEMBER
Abstract
Menurunya aktivitas dan nilai hasil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh
beberapa faktor antara lain: metode pembelajaran dan media pembelajaran yang
diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional. Sehingga pemahaman terhadap
konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam
pembelajaran IPS. Maka dari itu guru harus berperan aktif untuk menciptakan
beberapa metode pembelajaran. Metode dan media tersebut dapat mendekatkan IPS
kepada siswa dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk
berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan
membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri.
Penelitian ini rumusan masalahnya adalah bagaimanakah peningkatan
aktivitas belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dengan
menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember.dan
bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi
transportasi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SDN Kebonsari
04 Jember.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan
perkembangan teknologi transportasi dengan mengunakan media gambar Tahun
Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN
Kebnsari 04 Kecamatan Sumbersari, dimulai pada tanggal 2 Januari 2011 sampai
tanggal 10 Januarir 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IVA dengan jumlah siswa 49 siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan
Penelitian Tindakan Kelas
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengunaan media gambar pada mata
pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara
klasikal. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa
kelas IV SDN Kebonsari 04 Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember pada siklus I
sampai siklus II. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai
73,46% atau sebanyak 36 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Sedangkan
pada siklus II, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 93,8% atau sebanyak
46 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar.
Saran dalam penelitian ini adalah bagi peneliti lain metode pembelajaran
dengan media gambar dapat digunakan guru sebagai variasi pembelajaran yang bisa
dicobakan dalam mengajar sub pokok bahasan yang lain dan kelas yang berbeda.