dc.description.abstract | Fakta yang terjadi di lapangan bahwa media pembelajaran yang digunakan guru
kurang efektif dan efisien, guru memberikan materi dengan berceramah dan memberi
tugas. Keterbatasan media juga merupakan penghambat dalam kegiatan belajar siswa
dikelas. Siswa akan menguasai hasil belajar dengan optimal jika dalam belajar siswa
dimungkinkan menggunakan sebanyak mungkin indera untuk berinteraksi dengan isi
pembelajaran. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPS siswa
khususnya siswa kelas IV pada pokok bahasan kenampakan alam. Oleh karena itu guru
harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan
media pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik
siswa.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Apakah penerapan media
gambar dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rambipuji 03
Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan kenampakan alam?
Berdasarkan rumusan yang telah ditetapkan di atas, maka tujuan dari penelitian ini
adalah: (1) untuk mengkaji atau mengembangkan penerapan media gambar dapat
meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rambipuji 03 Kabupaten
Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan kenampakan alam, (2) untuk
mengkaji atau mengembangkan peningkatan belajar siswa kelas IV SDN Rambipuji 03
Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan kenampakan alam
melalui media gambar.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Rambipuji 03 Kabupaten Jember
yang terdiri dari 45 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jeni
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan
data dilakukan mulai tanggal 13 Nopember 2010 sampai dengan 25 Nopember 2010
dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Rambipuji 03 Kabupaten Jember. Data
yang dikumpulkan berupa penilaian tes individu. Pada siklus I tes individu mencapai
61,22% serta prosentase ketuntasan klasikal sebesar 62,22%. Pada siklus II, tes individu
mencapai 76,44% serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,33% sehingga secara
klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Rambipuji 03 Kabupaten
Jember.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan media gambar pada pokok
bahasan kenampakan alam dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar. Dari prasiklus
sebesar 46,67% ke siklus I sebesar 62,22% meningkat sebesar 15,55% dan dari siklus I
62,22% ke siklus II 93,33% meningkat sebesar 31,11% | en_US |