Show simple item record

dc.contributor.authorWiwik Afifa
dc.date.accessioned2014-01-23T05:14:55Z
dc.date.available2014-01-23T05:14:55Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM080210204118
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22161
dc.description.abstractFakta yang terjadi di lapangan bahwa media pembelajaran yang digunakan guru kurang efektif dan efisien, guru memberikan materi dengan berceramah dan memberi tugas. Keterbatasan media juga merupakan penghambat dalam kegiatan belajar siswa dikelas. Siswa akan menguasai hasil belajar dengan optimal jika dalam belajar siswa dimungkinkan menggunakan sebanyak mungkin indera untuk berinteraksi dengan isi pembelajaran. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPS siswa khususnya siswa kelas IV pada pokok bahasan kenampakan alam. Oleh karena itu guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Apakah penerapan media gambar dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rambipuji 03 Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan kenampakan alam? Berdasarkan rumusan yang telah ditetapkan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji atau mengembangkan penerapan media gambar dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rambipuji 03 Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan kenampakan alam, (2) untuk mengkaji atau mengembangkan peningkatan belajar siswa kelas IV SDN Rambipuji 03 Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan kenampakan alam melalui media gambar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Rambipuji 03 Kabupaten Jember yang terdiri dari 45 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jeni penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 13 Nopember 2010 sampai dengan 25 Nopember 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Rambipuji 03 Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian tes individu. Pada siklus I tes individu mencapai 61,22% serta prosentase ketuntasan klasikal sebesar 62,22%. Pada siklus II, tes individu mencapai 76,44% serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,33% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Rambipuji 03 Kabupaten Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan media gambar pada pokok bahasan kenampakan alam dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar. Dari prasiklus sebesar 46,67% ke siklus I sebesar 62,22% meningkat sebesar 15,55% dan dari siklus I 62,22% ke siklus II 93,33% meningkat sebesar 31,11%en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204118;
dc.subjectPOKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM MELALUI MEDIA GAMBARen_US
dc.titleMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GANJIL DI SDN RAMBIPUJI 03 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record