PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IIC DI SDN KEPATIHAN
Abstract
Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar masih berfokus dan berkisar pada teori dan
materi yang ada di buku. Sebagai guru di SDN Kepatihan 05 Jember khususnya di
kelas IIc, penulis juga menemukan kenyataan bahwa sebagian besar siswa tidak
aktif bahkan cenderung malas jika mendapat pembelajaran IPA (Ilmu
Pengetahuan Alam), sehingga tugas-tugas baik di sekolah maupun di rumah tidak
dapat terselesaikan dengan baik, jika masalah ini tidak dicarikan pemecahannya,
maka pembelajaran IPA akan berjalan di tempat atau bahkan menemui kegagalan
yang sangat fatal. Dengan segala keterbatasan pengetahuan tentang prinsip-prinsip
pembelajaran khususnya IPA, penulis introspeksi dan merefleksi diri sambil
mencari dan berdiskusi dengan teman-teman sejawat, bagaimana menjadikan
pembelajaran IPA menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan
berhasil.Akhirnya, penulis sampai pada satu jawaban sebagai langkah alternatif
pemecahan masalah di atas. Penulis tertarik akan pendekatan pembelajaran
kontekstual atau disebut Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL) di SDN Kepatihan 05 khususnya Kelas IIc. Selain
itu juga untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran
bidang studi IPA sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL).
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 05 khususnya kelas IIc
yang terdiri dari 40 siswa; 24 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian
ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif melalui metode
observasi, tes
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran IPA dengan
menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) mampu
meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas IIc SDN Kepatihan 05 Semester II
Tahun 2010 – 2011. Pembelajaran IPA dengan Model Contextual Teaching and
Learning (CTL) juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IIc SDN
Kepatihan 05 Semester II Tahun 2010 – 2011.