Show simple item record

dc.contributor.authorEdi Priyono
dc.date.accessioned2014-01-23T04:44:50Z
dc.date.available2014-01-23T04:44:50Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM080210204147
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22089
dc.description.abstractFakta di lapangan menunjukkan bahwa ketika guru akan memberikan soalsoal latihan biasanya siswa mengeluh dan bosan karena guru hanya menulis soal tersebut di papan tulis dan siswa langsung mengerjakan di lembar kertas, setelah siswa selesai mengerjakan langsung dikumpulkan di meja guru lalu dikoreksi dan diberikan penilaian tanpa memberikan hadiah atau penghargaan bagi siswa yang mendapatkan nilai bagus. Peran ular tangga dalam penelitian ini adalah sebagai alat bantu guru memberikan latihan soal kepada siswa agar siswa merasa senang dalam mengerjakan soal tersebut. Penerapan pembelajaran kooperatif dengan bantuan permainan ular tangga dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan membantu siswa lebih terampil dalam berlatih mengerjakan/menyelesaikan soal-soal pada materi perkalian, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah :(1) mengkaji penerapan pembelajaran kooperatif dengan bantuan permainan ular tangga pada materi perkalian, (2) mengkaji akt ifitas siswa dalam pembelajaran kooperatif dengan bantuan permainan ular tangga pada materi perkalian, (3) mengetahui persentase ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran kooperatif dengan bantuan permainan ular tangga pada materi perkalian. Penelitian dilaksanakan di SDN 3 Kalipait Banyuwangi, subyek penelitian yaitu siswa kelas III yang terdiri 16 siswa, 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi empat kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitat if. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 20 Oktober 2010 sampai dengan 29 Oktober 2010 dengan kegiatan; tanggal 19 Oktober mengadakan pre-tes, tanggal 20 Oktober pelaksanaan siklus I pertemuan I, tanggal 22 Oktober pelaksanaan siklus I pertemuan II, tanggal 25 Oktober tes aklhir siklus I, tanggal 27 Oktober pelaksanaan siklus II pertemuan I, dan tanggal 29 Oktober tes akhir siklus II. Data yang dikumpulkan yaitu aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes individu. Siklus I pertemuan I, aktivitas siswa mencapai 18,75%,aktivitas guru 70%. Pertemuan II, aktivitas siswa mencapai 81,25%, aktivitas guru 78%. Siklus II pertemuan I, aktivitas siswa mencapai 93,75%, aktivitas guru 93%. Analisis hasil tes siklus I tes pembelajaran I mencapai 50% artinya masih belum mencapai ketuntasan klasikal yang diinginkan yaitu sebesar 65%, tes pembelajaran II 62,5% hal ini juga masih belum mencapai hasil yang diharapkan, dan tes akhir siklus I 68,75%. Siklus II tes pembelajaran III mencapai 75%, dan tes akhir siklus II 87,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi perkalian. Penerapan pembelajaran kooperatif dengan bantuan permainan ular tangga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan dapat membantu guru untuk memberikan latihan soal pada siswa, serta siswa dapat berinteraksi dan saling bekerja sama sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204147;
dc.subjectPembelajaran Kooperatif, Permainan Ular Tanggaen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN BANTUAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS III SDN 3 KALIPAIT BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record