STRATEGI PERSUASIF PADA WACANA IKLAN POLITIK DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi persuasif yang digunakan
dalam wacana iklan politik di Kabupaten Jember berupa penggunaan teknik
persuasif, alih kode, modus penyampaian, dan prinsip lokalitas. Teknik persuasif
yang digunakan dalam wacana iklan politik di Kabupaten Jember berupa teknik
propaganda, teknik pencitraan, penggunaan data atau fakta-fakta, teknik asosiasi,
teknik integrasi, teknik ganjaran, dan teknik campuran. Teknik persuasif dengan
menggunakan teknik campuran yang terdapat pada wacana iklan politik di
Kabupaten Jember berupa campuran antara teknik propaganda dan teknik
pencitraan; teknik propaganda dan teknik asosiasi; gabungan antar teknik
pencitraan, penggunaan data atau fakta-fakta dan teknik propaganda; teknik
pencitraan dan teknik integrasi; teknik pencitraan dan teknik ganjaran; gabungan
antara teknik propaganda, teknik pencitraan, penggunaan data atau fakta-fakta,
dan teknik asosiasi.
Tujuan alih kode pada wacana iklan politik di Kabupaten Jember adalah
untuk penghubung antara pengiklan dengan masyarakat yang berlainan bahasa. Di
samping itu, penggunaan alih kode pada wacana iklan politik di Kabupaten
Jember juga bertujuan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat. Bentuk alih
kode yang digunakan dalam wacana iklan politik di Kabupaten Jember di
antaranya berupa alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Madura; alih kode
dari bahasa Madura ke bahasa Indonesia; alih kode dari bahasa Indonesia ke
bahasa Madura dan kembali ke bahasa Indonesia; alih kode dari bahasa Indonesia
ke bahasa Jawa; alih kode dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia; dan alih kode
dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa dan kembali ke bahasa Indonesia.