Show simple item record

dc.contributor.authorEDFYA FRANSELVILDA
dc.date.accessioned2014-01-23T04:23:19Z
dc.date.available2014-01-23T04:23:19Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM060210301131
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22021
dc.description.abstractSampai saat ini model pembelajaran konvensional masih menjadi pilihan beberapa guru mata pelajaran ekonomi termasuk guru di SMA Negeri Ambulu. Meskipun demikian, guru pernah mencoba menerapkan model pembelajaran lain yaitu model pembelajaran kooperatif, khususnya metode STAD (Student Team Achievement Division). Hasil belajar siswa melalui kedua metode di atas masih banyak yang mendapatkan nilai rendah. Model pembelajaran kooperatif tipe lainnya adalah metode TGT. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif metode TGT dengan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif metode STAD dan model pembelajaran konvensional, dan (2) apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan inflasi kelas X SMA Negeri Ambulu melalui model pembelajaran kooperatif metode TGT lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif metode STAD dan model pembelajaran konvensional. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif metode TGT dengan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif metode STAD dan model pembelajaran konvensional, dan (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan inflasi kelas X SMA Negeri Ambulu melalui model pembelajaran kooperatif metode TGT lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif metode STAD dan model pembelajaran konvensional. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian eksperimen yang dirancang dengan quasi experimental design. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive area yaitu di SMA Negeri Ambulu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.2 sampai dengan kelas X.7. Sampel yang digunakan adalah kelas X.4 sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas X.5 sebagai kelas eksperimen 2 yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif metode STAD, serta kelas X.7 sebagai kelas eksperimen 1 yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif metode TGT. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Anava dan uji HSD (head significant different). Sebelum melakukan uji Anava terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan anava dan dilakukan uji normalitas menggunakan chi square. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif metode TGT dengan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif metode STAD dimana F hitung sebesar 13,740 > harga F 3,082, dengan demikian Ha diterima. Besar perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif metode STAD dengan model pembelajaran kooperatif metode TGT yaitu -8,7317* dan besar perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran kooperatif metode TGT -17,0976*. Dengan demikian, masing-masing metode tersebut memiliki kelebihan, dimana metode TGT menuntut siswa untuk berkompetisi, sedangkan metode STAD mendorong siswa untuk bekerjasama dengan anggota kelompoknya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301131;
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Metode TGT, Metode STAD, Dengan Model Pembelajaran Konvensionalen_US
dc.titlePERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIPEROLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TGT, METODE STAD, DENGAN MODEL PEMBELAJARANKONVENSIONAL (Studi Komparatif Di SMA Negeri Ambulu Kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Bahasan Inflasi)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record