PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN METODE SNOWBALL TRHOWING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
Abstract
Fisika berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis
sehingga pembelajaran fisika bukan hanya untuk penguasaan kumpulan
pengetahuan yang berupa fakta, konsep atau prinsip saja melainkan juga
merupakan suatu proses penemuan, sehingga siswa dituntut untuk dapat berfikir
kritis dan kreatif. Pelajaran fisika bukanlah pelajaran hafalan melainkan lebih
menuntut pemahaman konsep bahkan aplikasi konsep tersebut. Penguasaan
konsep fisika diperlukan untuk dapat memecahkan seluruh permasalahan fisika
baik permasalahan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bentuk soal. Cara
belajar yang baik bagi siswa untuk mempelajari fisika adalah dengan
menghadapkan siswa pada masalah yang dapat menggugah pikirannya,
merangsang kebiasaan berpikir, mengeluarkan gagasan, dan melakukan tindakan
yang berhubungan dengan pemecahan masalah terkait dengan isu-isu sains dan
teknologi yang ada di masyarakat dan lingkungan sekitar siswa. Salah satu usaha
untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran fisika adalah
dengan dikembangkannya berbagai model pembelajaran. Salah satunya yaitu
model problem solving dengan metode snowball throwing yang merupakan salah
satu modifikasi dari teknik bertanya yang menitikberatkan pada kemampuan
merumuskan pertanyaan/masalah.