PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUATAN OLEH GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI
Abstract
Motivasi merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keefektifan
pembelajaran dalam pendidikan. Seorang siswa harus mempunyai motivasi belajar
yang tinggi untuk menggerakkan semangat belajarnya. Proses belajar mengajar
merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa
yang didasarkan pada hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif
untuk mencapai tujuan tertentu. Guru harus mempunyai keterampilan dasar mengajar
dalam proses pembelajaran. Salah satu keterampilan dasar mengajar yang harus guru
miliki adalah keterampilan memberi penguatan. Motivasi belajar dan penguatan oleh
guru diperlukan untuk mencapai prestasi belajar yang optimal.
Permasalahan yang timbul adalah: Adakah pengaruh yang signifikan dari
variabel motivasi belajar dan penguatan oleh guru terhadap prestasi belajar siswa
mata pelajaran ekonomi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA
Negeri Balung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011)?
Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri Balung semester ganjil
tahun ajaran 2010/2011. Metode penentuan daerah penelitian secara purposive area
sedangkan penentuan responden dengan menggunakan metode populasi sejumlah 78
siswa. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode angket,
obaservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan analisis inferensial, dimana analisis inferensial meliputi analisis regresi
linier berganda, varian garis regresi, uji F dan uji t.