• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO DISERTAI AUTHENTIC ASSESMENT PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 JENGGAWAH

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (77)a_1.pdf (1009.Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Gadis Citra Kusuma Pertiwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari data observasi awal yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2011 di Kelas VII B SMP Negeri 1 Jenggawah, ditemukan ketuntasan hasil belajar fisika siswa rendah. Berdasarkan data ulangan harian kelas VII B dari 38 siswa hanya 15,79% yang mendapatkan nilai ≥ 75. Aktivitas belajar siswa juga tergolong rendah yaitu dengan persentase : (1) siswa yang mencatat 77,63 %, (2) 15,79 % siswa yang menjawab pertanyaan guru, (3) siswa bertanya 2,63%, (4) siswa yang aktif berdiskusi 27,63 %, (5) mempresentasikan hasil diskusi 11,84 %. Skor ratarata aktivitas belajar fisika siswa sebesar 27,41 %. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui metode demonstrasi dengan strategi the power of two disertai authentic assesment. Metode demonstrasi dengan strategi the power of two disertai authentic assesment adalah metode pembelajaran dengan memperagakan kepada siswa tentang suatu proses atau benda tertentu dan siswa terlibat aktif dalam kegiatan kelompok yang terdiri atas dua orang siswa yang menumbuhkan kerjasama secara maksimal, serta menilai siswa baik proses maupun produk dengan menggunakan berbagai instrument penilaian. Metode dan strategi ini memiliki kelebihan yaitu Metode demonstrasi mengajak siswa untuk terlibat secara langsung dalam suatu proses tertentu dan dalam strategi the power of two siswa melakukan diskusi kelompok yang hanya terdiri dari dua siswa dalam satu kelompok sehingga siswa dapat lebih aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran.Setiap pembelajaran harus diiringi dengan penilaian (assesment) yang tepat.Authentic assessment mementingkan penilaian proses dan hasil sekaligus. Seluruh tampilan siswa dalam rangkaian kegiatan pembelajaran dapat dinilai secara objektif, apa adanya dan tidak semata-mata hanya berdasarkan hasil akhir (produk) saja. Tahap-tahap Metode demonstrasi dengan strategi the power of two disertai authentic assesment adalah sebagai berikut: membuat problem, refleksi, berpasangan, mencari jawaban baru, dan berdiskusi. Melalui 5 (lima) tahap tersebut, maka aktivitas siswa sesuai dengan ketrampilan proses dalam pembelajaran IPA yaitu merumuskan masalah, merumukan hipotesis, mengamati demonstrasi, mengisi tabel pengamatan, menganalisis data dan merumuskan kesimpulan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VII B SMPN 1 Jenggawah yang dimulai tanggal 20 September 2011 semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Dari hasil analisis kegiatan observasi didapatkan bahwa besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 31,14% dan pada siklus 1 mencapai 60,79% yang dapat dikategorikan aktif dengan peningkatan sebesar 29,65%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pra-siklus dari 13,16% menjadi 76,31% dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa berdasarkan analisis Normalized Gain sebesar 0,64 dan peningkatan tersebut tergolong sedang. Aktivitas belajar siswa pada siklus 2 sebesar 70,26%, dengan peningkatan sebesar 39,12%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 13,16 % menjadi 92,10%. Peningkatan tersebut tergolong sedang yaitu sebesar 0,66. Dari hasil di atas menunjukkan metode demonstrasi dengan strategi the power of two disertai authentic assesment dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21966
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository