PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 2 PANTI TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
embelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa
dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Pembelajaran fisika adalah suatu proses belajar mengajar yang mempelajari
tentang berbagai gejala dan kejadian alam yang bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan kognitif, afektif, psikomotor yang dikembangkan melalui
pengalaman belajar. Hal ini juga berlangsung di SMP Negeri 2 Panti, namun
tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kurang tercapai.
Berdasarkan hasil observasi awal, didapatkan aktivitas belajar fisika siswa
kelas VII E SMP Negeri 2 Panti masih kurang. Hal ini ditunjukkan dari hasil
observasi dan wawancara dengan guru pengajar yang telah dilakukan pada hari
Senin, 13 September 2011 dapat diketahui bahwa 55,26% siswa aktif
memperhatikan penjelasan guru, 53,5% siswa aktif mengerjakan soal, 6,63%
siswa aktif bertanya, dan 18,4 % siswa aktif menjawab pertanyaan guru. Jadi skor
rata-rata aktivitas belajar siswa 33,44%, sehingga termasuk dalam kriteria kurang
aktif. Hasil belajar fisika siswa di kelas VII E juga masih rendah. Hal ini
ditunjukkan berdasarkan data kelas dari 38 siswa, hanya 13 orang atau hanya
34,21% siswa yang mendapatkan nilai diatas 70, sedangkan 25 orang atau hanya
65,78% siswa lainnya mendapatkan nilai kurang dari 70.