PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN RANTAI MAKANAN PADA SISWA KELAS IV MI BAITUL RIDLO UMBULSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar/Madarasah Ibtidaiyah pada umumnya
menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu model pembelajaran yang
menitik beratkan pada guru. Kegiatan pembelajaran di MI Baitul Ridlo Umbulsari
khususnya di kelas IV masih belum sepenuhnya menerapkan model maupun metode
pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas belajar mengajar di kelas. Pada
umumnya dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah
ataupun metode tanya tanya jawab dan penugasan yang terpusat pada buku teks. Hal ini
berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan
minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu ≥ 70.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan
aktivitas belajar IPA siswa kelas IV MI Baitul Ridlo Umbulsari Jember Tahun
Pelajaran 2011/2012 setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan model
pembelajaran Picture and Picture pokok bahasan Rantai Makanan? (2) bagaimanakah
peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Baitul Ridlo Umbulsari
Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah mengikuti pembelajaran dengan
penerapan model pembelajaran Picture and Picture pokok bahasan Rantai Makanan?.