Show simple item record

dc.contributor.authorAmalia Dewi Rahayu
dc.date.accessioned2014-01-23T03:32:31Z
dc.date.available2014-01-23T03:32:31Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM072310101026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21912
dc.description.abstractAnak merupakan individu yang unik dan bukanlah miniature orang dewasa. Anak memerlukan perhatian khusus untuk optimalisasi perkembangan. Kebutuhan dasar anak untuk pertumbuhan dan perkembangan secara umum dibagi menjadi tiga, yaitu: asuh, asih, dan asah. Perkembangn kognitif seseorang dipengaruhi oleh dua hal yaitu, faktor herediter dan faktor non herediter. Pengaruh non herediter, dalam hal ini lebih mengarah pada pengasuhan serta pemberian stimulasi pada anak. Anak yang mendapat banyak stimulasi akan lebih cepat berkembang dari pada anak yang kurang mendapatkan stimulasi. Salah satu stimulasi yang dapat diberikan adalah stimulasi alat permainan edukatif. APE adalah alat permainan yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak, disesuaikan dengan usianya dan t ingkat perkembangannya. APE merupakan salah satu cara pemberian stimulasi pada anak untuk mencapai perkembangan yang optimal. Salah satu contoh dari APE adalah petak umpet huruf. Permainan petak umpet huruf ini dapat menstimulasi perkembangan kognitif anak dengan cara memperkenalkan huruf, warna, bentuk serta gambar pada anak usia prasekolah.Tujuan umum dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh alat permainan edukatif petak umpet huruf terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah di PAUD Tholabah Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember, sedangkan tujuan khususnya adalah mengidentifikasi karakteristik anak usia prasekolah, mengidentifikasi tingkat perkembangan kognitif anak usia prasekolah sebelum dan setelah diberi stimulasi APE petak umpet huruf, mengidentifikasi pengaruh tingkat pemberian stimulasi APE petak umpet huruf terhadap tingkat perkembangan kognitif anak usia prasekolah, mengidentifikasi pengaruh karakteristik responden terhadap tingkat perkembangan kognitif anak usia prasekolah, dan mengidentifikasi variabel yang paling berpengaruh terhadap tingkat perkembangan kognitif anak usia prasekolah. Penelitian ini merupakan pra experimental dengan rancangan one group pretes- postes. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sesuai kriteria inklusi, sehingga sampel berjumlah 52 orang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan data bahwa tingkat perkembangan anak sebelum diberikan stimulasi APE petak umpet huruf sebesar 67,3% dengan perkembangan kognitif cukup dan sebesar 32,7% perkembangan kognitif baik, setelah diberikan stimulasi APE petak umpet huruf didapatkan data sebesar 7,7% sebesar 92,3% statistik dengan Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan nilai p = 0,000 yang berartiHo ditolak. Kesimpulan penelitian ada pengaruh yang amat sangat bermakna stimulasi APE petak umpet huruf terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah di PAUD Tholabah Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Saran penelitian adalah stimulasi APE petak umpet huruf tidak hanya menstimulasi perkembangan kognitif anak, tetapi juga untuk melatih anak belajar membaca dan menulis dengan lancar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries072310101026;
dc.subjectPENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF PETAK UMPETen_US
dc.titlePENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF PETAK UMPET HURUF TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD THOLABAH KECAMATAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD THOLABAH KECAMATAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD THOLABAH KECAMATAN LEDOKOMBO KABUPATEN JEMBER LEDOKOMBO KABUPATEN JEMBER LEDOKOMBO KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record