dc.description.abstract | Anak merupakan individu yang unik dan bukanlah miniature orang dewasa.
Anak memerlukan perhatian khusus untuk optimalisasi perkembangan. Kebutuhan
dasar anak untuk pertumbuhan dan perkembangan secara umum dibagi menjadi tiga,
yaitu: asuh, asih, dan asah. Perkembangn kognitif seseorang dipengaruhi oleh dua hal
yaitu, faktor herediter dan faktor non herediter. Pengaruh non herediter, dalam hal ini
lebih mengarah pada pengasuhan serta pemberian stimulasi pada anak. Anak yang
mendapat banyak stimulasi akan lebih cepat berkembang dari pada anak yang kurang
mendapatkan stimulasi. Salah satu stimulasi yang dapat diberikan adalah stimulasi
alat permainan edukatif. APE adalah alat permainan yang dapat mengoptimalkan
perkembangan anak, disesuaikan dengan usianya dan t ingkat perkembangannya. APE
merupakan salah satu cara pemberian stimulasi pada anak untuk mencapai
perkembangan yang optimal. Salah satu contoh dari APE adalah petak umpet huruf.
Permainan petak umpet huruf ini dapat menstimulasi perkembangan kognitif anak
dengan cara memperkenalkan huruf, warna, bentuk serta gambar pada anak usia
prasekolah.Tujuan umum dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh alat permainan
edukatif petak umpet huruf terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah di
PAUD Tholabah Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember, sedangkan tujuan
khususnya adalah mengidentifikasi karakteristik anak usia prasekolah,
mengidentifikasi tingkat perkembangan kognitif anak usia prasekolah sebelum dan
setelah diberi stimulasi APE petak umpet huruf, mengidentifikasi pengaruh tingkat
pemberian stimulasi APE petak umpet huruf terhadap tingkat perkembangan kognitif
anak usia prasekolah, mengidentifikasi pengaruh karakteristik responden terhadap
tingkat perkembangan kognitif anak usia prasekolah, dan mengidentifikasi variabel
yang paling berpengaruh terhadap tingkat perkembangan kognitif anak usia
prasekolah.
Penelitian ini merupakan pra experimental dengan rancangan one group pretes-
postes. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling sesuai kriteria inklusi, sehingga sampel berjumlah
52 orang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan data bahwa tingkat perkembangan
anak sebelum diberikan stimulasi APE petak umpet huruf sebesar 67,3%
dengan perkembangan kognitif cukup dan sebesar 32,7%
perkembangan kognitif baik, setelah diberikan stimulasi APE petak umpet huruf
didapatkan data sebesar 7,7%
sebesar 92,3%
statistik dengan Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan nilai p = 0,000 yang berartiHo ditolak. Kesimpulan penelitian ada pengaruh yang amat sangat bermakna
stimulasi APE petak umpet huruf terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia
Prasekolah di PAUD Tholabah Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Saran
penelitian adalah stimulasi APE petak umpet huruf tidak hanya menstimulasi
perkembangan kognitif anak, tetapi juga untuk melatih anak belajar membaca dan
menulis dengan lancar. | en_US |