• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN KARTU KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI (Siswa Kelas XI IPA 3 Semester Genap SMA Negeri 1 Sampang Tahun Ajaran 2009/2010)

    Thumbnail
    View/Open
    A (335)sex_1.pdf (385.8Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Hujjatul Balighoh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan adalah suatu pembentukan kepribadian dan kemampuan anak dalam menuju kedewasaan. Setiap usaha pendidikan itu bertujuan, dan dirumuskan secara eksplisit. Secara umum tujuan pendidikan adalah dicapainya kedewasaan anak didik. Ciri dari kedewasaan itu sangat diwarnai oleh pandangan masyarakat dan termasuk didalamnya adalah pendidik Tenaga kependidikan secara terus menerus telah berusaha memahami proses pendidikan karena harus membuat keuputusan secara profesional dalam melakukan tugasnya. Peningkatan mutu pendidikan harus dimulai dari usaha peningkatan mutu tenaga pendidik guru. SMA Negeri 1 Sampang. SMA ini merupakan sekolah favorit di Sampang dan merupakan sekolah rintisan SBI (Sekolah Berbasis Internasional), tetapi proses pembelajaran masih menggunakan cara lama yaitu metode ceramah. Oleh karena itu, Penerapan Strategi pembelajaran Guided Discovery diterapkan pada konsep Sistem Saraf dan Sistem Indera. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan penguasaan konsep belajar siswa kelas XI IPA 3 semester gasal tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sampang pada 28 April – 11 Mei 2010. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 sebanyak 40 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini dilaksanakan berupa proses pengkajian berdaur (cyclical) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan untuk menghitung presentase peningkatan motivasi menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan motivasi yang cukup berarti dari siklus I ke siklus II, Peningkatan motivasi dengan lembar observasi menunjukkan bahwa peningkatan skor rata-rata motivasi intrinsik pada siklus I dan siklus II sebesar 1,33. Peningkatan skor rata-rata motivasi intrinsik pada siklus I dan siklus II sebesar 1,05. Hasil data yang diperoleh melalui angket menunjukkan sebelum perlakuan pada aspek attention prosentase motivasi sebesar 81%. Pada aspek relevance prosentase motivasi sebesar 77,37%. Aspek confidence prosentase motivasi sebesar 69%. Sedangkan aspek yang terakhir aspek satisfaction prosentase motivasi sebesar 79%. Setelah perlakuan pada aspek attention prosentase motivasi sebesar 88%. Pada aspek Relevance prosentase motivasi sebesar 79,14%. Aspek confidence prosentase motivasi sebesar 79% . Sedangkan aspek yang terakhir aspek satisfaction prosentase motivasi sebesar 82,14% . Dari hasi tersebut di atas terdapat peningkatan dalam setiap aspek, pada aspek attention peningkatannya sebesar 7%, aspek relevance peningkatannya sebesar 1,77%, aspek confidence peningkatannya sebesar 10%, sedangkan aspek satisfaction peningkatannya sebesar 3,17% Ketuntasan belajar Biologi siswa kelas X.2 Semester I SMA Negeri 1 Sampang dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Discovery Dengan Kartu Konsep mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dan dapat mencapai ketuntasan sesuai SKM ≥ 75. Siklus I siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 14 siswa dengan rata-rata kelas sebesar 67,45 dan pada siklus II meningkat menjadi 31 siswa yang tuntas belajarnya dengan rata-rata kelas sebesar 77,28. Peningkatan rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 9,53 dan peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 17 siswa. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 35% mengalami peningkatan menjadi 87,5%. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 52,5%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21897
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository