PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN KARTU KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI (Siswa Kelas XI IPA 3 Semester Genap SMA Negeri 1 Sampang Tahun Ajaran 2009/2010)
Abstract
Pendidikan adalah suatu pembentukan kepribadian dan kemampuan anak
dalam menuju kedewasaan. Setiap usaha pendidikan itu bertujuan, dan dirumuskan
secara eksplisit. Secara umum tujuan pendidikan adalah dicapainya kedewasaan anak
didik. Ciri dari kedewasaan itu sangat diwarnai oleh pandangan masyarakat dan
termasuk didalamnya adalah pendidik Tenaga kependidikan secara terus menerus
telah berusaha memahami proses pendidikan karena harus membuat keuputusan
secara profesional dalam melakukan tugasnya. Peningkatan mutu pendidikan harus
dimulai dari usaha peningkatan mutu tenaga pendidik guru.
SMA Negeri 1 Sampang. SMA ini merupakan sekolah favorit di Sampang dan
merupakan sekolah rintisan SBI (Sekolah Berbasis Internasional), tetapi proses
pembelajaran masih menggunakan cara lama yaitu metode ceramah. Oleh karena itu,
Penerapan Strategi pembelajaran Guided Discovery diterapkan pada konsep Sistem
Saraf dan Sistem Indera. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan motivasi dan penguasaan konsep belajar siswa kelas XI IPA 3 semester
gasal tahun ajaran 2009/2010.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sampang pada 28 April – 11
Mei 2010. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 sebanyak 40 siswa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini dilaksanakan berupa
proses pengkajian berdaur (cyclical) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus
II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap utama yaitu perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes,
observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan untuk menghitung presentase
peningkatan motivasi menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan motivasi yang cukup berarti dari siklus I ke siklus II, Peningkatan
motivasi dengan lembar observasi menunjukkan bahwa peningkatan skor rata-rata
motivasi intrinsik pada siklus I dan siklus II sebesar 1,33. Peningkatan skor rata-rata
motivasi intrinsik pada siklus I dan siklus II sebesar 1,05. Hasil data yang diperoleh
melalui angket menunjukkan sebelum perlakuan pada aspek attention prosentase
motivasi sebesar 81%. Pada aspek relevance prosentase motivasi sebesar 77,37%.
Aspek confidence prosentase motivasi sebesar 69%. Sedangkan aspek yang terakhir
aspek satisfaction prosentase motivasi sebesar 79%.
Setelah perlakuan pada aspek attention prosentase motivasi sebesar 88%.
Pada aspek Relevance prosentase motivasi sebesar 79,14%. Aspek confidence
prosentase motivasi sebesar 79% . Sedangkan aspek yang terakhir aspek satisfaction
prosentase motivasi sebesar 82,14% . Dari hasi tersebut di atas terdapat peningkatan
dalam setiap aspek, pada aspek attention peningkatannya sebesar 7%, aspek
relevance peningkatannya sebesar 1,77%, aspek confidence peningkatannya sebesar
10%, sedangkan aspek satisfaction peningkatannya sebesar 3,17%
Ketuntasan belajar Biologi siswa kelas X.2 Semester I SMA Negeri 1
Sampang dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Discovery Dengan Kartu
Konsep mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dan dapat mencapai
ketuntasan sesuai SKM ≥ 75. Siklus I siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 14 siswa
dengan rata-rata kelas sebesar 67,45 dan pada siklus II meningkat menjadi 31 siswa
yang tuntas belajarnya dengan rata-rata kelas sebesar 77,28. Peningkatan rata-rata
kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 9,53 dan peningkatan jumlah siswa yang tuntas
belajarnya sebanyak 17 siswa. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar
35% mengalami peningkatan menjadi 87,5%. Hasil tersebut menunjukkan adanya
peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 52,5%.