PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) DENGAN PEMBERIAN TUGAS SISWA KELAS IV SD NEGERI JEMBER LOR 05 JEMBER SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Kegiatan pembelajaran di sekolah saat ini, masih belum sepenuhnya
menerapkan pendekatan maupun metode pembelajaran yang dapat
meningkatkan efektivitas belajar mengajar di kelas. Pada umumnya dalam
proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah ataupun metode
tanya jawab dan penugasan tanpa mengkombinasikan dengan pendekatan atau
metode lain yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Penerapan model pembelajaran ROPES (Review, Overview,
Presentation, Exercise, Summary) yaitu dengan menggunakan media berupa
beberapa hewan nyata dan siswa melakukan percobaan sendiri secara langsung
bersama kelompoknya, dapat berpengaruh besar pada aktivitas siswa selama
proses pembelajaran berlangsung. Penerapan model pembelajaran ROPES
mampu memunculkan suasana belajar yang lebih menarik dan efektif, serta
dapat memberikan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa,
sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Permasalahan
yang akan dikaji pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas IV semester gasal tahun ajaran 2011/2012 SDN
Jember Lor 05 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember dalam pelajaran IPA
materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya melalui penerapan
model