PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIK MENGGUNAKAN BENDA KONKRET DI KELAS 3 SDN BITING 04 ARJASA JEMBER
Abstract
Kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di
SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung
menggunakan teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa
kurang menyenangi pelajaran matematika dan akibatnya belajar menjadi rendah.
Tujuan di penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui sejauh mana
aktivitas belajar siswa dalam materi pecahan melali pendekatan realistik
menggunakan benda konkrit. (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa pada pokok bahasan pecahan melalui pendekatan realistik menggunakan
benda konkrit.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bitin 04 Kelas III yang terdiri dari 20
siswa, 14 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5
kelompok yang heterogen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi
dan tes pengambilan data subjek dilakukan tanggal 14 maret 2011 sampai dengan
21 maret 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Biting 04 Arjasa.
Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa selama, aktivitas guru, dan tes
individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi. Diketahui
menggunakan benda konkrit adalah pada siklus 1 prosentase aktivitas yang
dilakukan siswa adalah sebesar 66%, siklus 2 sebesar 80%. Dari tes akhir yang
dilakukan siswa, adalah nilai 80 % pada siklus 1 adalah sebesar 65 % sedangkan
siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktifitas dan hasil belajar pada materi pembelajaran matematika realistik pokok
bahasan pecahan dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang
siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat. Memotivasi siswa untuk
meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.