• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIK MENGGUNAKAN BENDA KONKRET DI KELAS 3 SDN BITING 04 ARJASA JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (344)-_1.pdf (220.2Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    SRI HARTINI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran matematika dan akibatnya belajar menjadi rendah. Tujuan di penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui sejauh mana aktivitas belajar siswa dalam materi pecahan melali pendekatan realistik menggunakan benda konkrit. (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan melalui pendekatan realistik menggunakan benda konkrit. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bitin 04 Kelas III yang terdiri dari 20 siswa, 14 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes pengambilan data subjek dilakukan tanggal 14 maret 2011 sampai dengan 21 maret 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Biting 04 Arjasa. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa selama, aktivitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi. Diketahui menggunakan benda konkrit adalah pada siklus 1 prosentase aktivitas yang dilakukan siswa adalah sebesar 66%, siklus 2 sebesar 80%. Dari tes akhir yang dilakukan siswa, adalah nilai 80 % pada siklus 1 adalah sebesar 65 % sedangkan siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi pembelajaran matematika realistik pokok bahasan pecahan dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat. Memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21868
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository