STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) HAZORA PADA UNIT USAHA HAZORA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) JEMBER
Abstract
Produk air minum Hazora yang diproduksi oleh Unit Usaha Hazora ini 
merupakan produk baru dari hasil pengembangan yang dilakukan oleh PDAM, Tetapi 
mereka harus bisa bersaing dengan perusahaan sejenis yang sudah lama berdiri. 
Produk ini harus mampu menarik serta mempertahankan konsumen yang banyak 
guna meningkatkan profitabilitas perusahaan Produk ini dapat dikatakan masih relatif 
baru  sehingga  memerlukan  strategi  bauran  pemasaran  yang  baik.  Dalam 
melaksanakan strategi bauran pemasaran suatu perusahaan tidak akan pernah lepas 
dari suatu masalah terutama dalam hal persaingan. Maka, dalam hal ini strategi 
bauran pemasaran menjadi faktor utama dari segala aktivitas yang dilakukan oleh 
perusahaan. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Hazora pada Unit Usaha Hazora Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jember. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian kualitatif, yaitu menggambarkan dan menganalisis Strategi Pemasaran Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Hazora. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis domain dan taksonomi. 
Hasil penelitian ini fokus pada strategi bauran pemasaran yang digunakan 
oleh Hazora yang terdiri dari strategi pemasaran produk, harga, promosi dan 
distribusi. Strategi produk yang digunakan Hazora dalam menentukan ragam produk 
adalah dengan variasi kemasan, kualitas, desain, ciri dan merek. Strategi harga 
Hazora menetapkan berdasarkan biaya produksi dan bahan baku untuk kemasan. 
Strategi distribusi Hazora yaitu menjual melalui toko-toko tertentu,outlet yang ada di 
Hazora dan selebihnya adalah konsumen yang secara tidak langsung menjadi reseler 
karena membeli dalam jumlah besar dan menjual kembali kepada konsumen. Hazora 
pada dasarnya telah mengalokasikan anggaran promosi yaitu periklanan, hubungan 
masyarakat, tenaga penjualan, dan pemasaran langsung serta memberikan sponsor di 
beberapa acara seperti paduan suara UNEJ, karate, sepak bola dan lain-lain. Hazora 
terkendala  biaya  sehingga  bauran  pemasaran  yang  digunakan  dalam  strategi 
pemasaran AMDK Hazora tidak optimal. Hazora lebih memanfaatkan momen dan 
even untuk promosi dan mengandalkan pelanggan yang secara tidak langsung 
menjadi reseler.