STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) HAZORA PADA UNIT USAHA HAZORA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) JEMBER
Abstract
Produk air minum Hazora yang diproduksi oleh Unit Usaha Hazora ini
merupakan produk baru dari hasil pengembangan yang dilakukan oleh PDAM, Tetapi
mereka harus bisa bersaing dengan perusahaan sejenis yang sudah lama berdiri.
Produk ini harus mampu menarik serta mempertahankan konsumen yang banyak
guna meningkatkan profitabilitas perusahaan Produk ini dapat dikatakan masih relatif
baru sehingga memerlukan strategi bauran pemasaran yang baik. Dalam
melaksanakan strategi bauran pemasaran suatu perusahaan tidak akan pernah lepas
dari suatu masalah terutama dalam hal persaingan. Maka, dalam hal ini strategi
bauran pemasaran menjadi faktor utama dari segala aktivitas yang dilakukan oleh
perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Hazora pada Unit Usaha Hazora Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jember. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian kualitatif, yaitu menggambarkan dan menganalisis Strategi Pemasaran Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Hazora. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis domain dan taksonomi.
Hasil penelitian ini fokus pada strategi bauran pemasaran yang digunakan
oleh Hazora yang terdiri dari strategi pemasaran produk, harga, promosi dan
distribusi. Strategi produk yang digunakan Hazora dalam menentukan ragam produk
adalah dengan variasi kemasan, kualitas, desain, ciri dan merek. Strategi harga
Hazora menetapkan berdasarkan biaya produksi dan bahan baku untuk kemasan.
Strategi distribusi Hazora yaitu menjual melalui toko-toko tertentu,outlet yang ada di
Hazora dan selebihnya adalah konsumen yang secara tidak langsung menjadi reseler
karena membeli dalam jumlah besar dan menjual kembali kepada konsumen. Hazora
pada dasarnya telah mengalokasikan anggaran promosi yaitu periklanan, hubungan
masyarakat, tenaga penjualan, dan pemasaran langsung serta memberikan sponsor di
beberapa acara seperti paduan suara UNEJ, karate, sepak bola dan lain-lain. Hazora
terkendala biaya sehingga bauran pemasaran yang digunakan dalam strategi
pemasaran AMDK Hazora tidak optimal. Hazora lebih memanfaatkan momen dan
even untuk promosi dan mengandalkan pelanggan yang secara tidak langsung
menjadi reseler.