PENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X.5 SMA Negeri 1 Pakusari Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Materi Pelaku Ekonomi)
Abstract
Proses pembelajaran ekonomi yang selama ini berlangsung di SMA N 1
pakusari masih konvensional, dengan menggunakan media papan tulis dan OHP. Hal
tersebut berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa terhadap materi
yang dipelajari. Siswa harus berpartisipasi secara langsung dalam proses
pembelajaran agar memudahkan siswa dalam mengingat dan memahami materi yang
diajarkan. Oleh karena itu guru harus selektif dalam memilih media pembelajaran
yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi khususnya materi pelaku
ekonomi agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Pokok materi pelaku ekonomi untuk siswa kelas X mempunyai komponenkomponen
yang sangat kompleks. Sumber belajar yang dibutuhkan banyak yang
tidak dapat diterjunkan ke kelas dan siswa harus terjun langsung ke lapangan untuk
mengetahui keadaan yang riil. Untuk dapat melaksanakannya dibutuhkan waktu lama
dan pengorganisasian siswa yang cenderung sulit, sehingga dalam proses
pembelajaran diperlukan bantuan media yang efektif dan efisien yang dapat
menampilkan gambar dan video yang berhubungan dengan pokok materi pelaku
ekonomi.
Salah satu media yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi
pokok materi pelaku ekonomi adalah media CD Interaktif. Media tersebut digunakan
sebagai penyalur pesan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam
proses komunikasinya, untuk mengatasi kejenuhan siswa selama menerima materi
pelajaran. Menurut Hofstetter (dalam Mulyanta dan Marlon, 2009:1) multimedia dalam dunia komputer adalah pemanfaatan komputer untuk menggabungkan teks,
grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) menjadi satu kesatuan link dan
tool yang tepat sehingga memungkinkan pemakai multimedia dapat melakukan
navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dalam
pelaksanaannya terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 4
fase, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan
di SMA Negeri 1 Pakusari di kelas X.5 pada pelajaran ekonomi pokok materi pelaku
ekonomi. Pemilihan lokasi menggunakan metode purposive area, yaitu pemilihan
tempat atau lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja dan ditentukan sendiri oleh
peneliti. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode,
observasi, dokumentasi, wawancara dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan media Interaktif,
motivasi belajar siswa menjadi meningkat. Skor motivasi belajar siswa sebelum
penerapan media Interaktif sebesar 2,2, sedangkan skor motivasi belajar pada siklus I
sebesar 3,1, dan pada siklus II 3,8. Motivasi belajar siswa terus mengalami
peningkatan seiring dengan perbaikan cara mengajar guru. Selain itu hasil belajar
siswa kelas X.5 mengalami peningkatan setelah penggunaan media Interaktif. Pada
siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 70,73%, dan pada siklus II
sebesar 87,80%. Persentase tersebut memberikan informasi bahwa hasil belajar kelas
X.5 dapat dikatakan tuntas. Dari hasil penelitian tersebut diatas menunjukkan
penggunaan media CD Interaktif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar
siswa. Peneliti menyarankan agar guru ekonomi di SMA Negeri 1 Pakusari terus
dapat menggunakan media pembelajaran tersebut untuk menunjang proses belajar
mengajar.