Show simple item record

dc.contributor.authorDODIK RIDHO WAHYUDIN
dc.date.accessioned2014-01-23T02:22:25Z
dc.date.available2014-01-23T02:22:25Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM100210274002
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21771
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar Bahasa Indonesia, siswa kelas II SD Negeri Keting 03 disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih berpusat pada guru, pembelajaran yang kurang memanfaatkan potensi siswa seperti kerja sama antar siswa dalam menyelesaikan suatu masalah sehingga pemahaman terhadap suatu materi sulit dicerna hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan pokok bahasan mendeskripsikan ciri hewan melalui penerapan pembelajaran Media Gambar pada siswa kelas II SD Negeri Keting 03 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 4 April sampai 19 April 2012 di SD Negeri Keting 03 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Subyek penelitian siswa kelas II yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 6 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki.. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi analisis aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan media gambar siklus I dan siklus II, tes akhir siklus I dan siklus II. Analisis data terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan media gambar pada siklus I mencapai 75% sedangkan pada silkus II mencapai 90,25%. Analisis ketuntasan hasil belajar pada tes akhir siklus I mencapai 75% sedangkan pada siklus II mencapai 90,25%. Berdasarkan analisis ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II maka siswa kelas II SD Negeri Keting 03 telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kelas dikatakan tuntas belajarnya apabila terdapat minimal 68% siswa telah mencapai nilai ≥ 68. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) penerapan pembelajaran menggunakan media gambar menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, (2) ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sehingga pembelajaran dianggap sudah tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100 210 274 002;
dc.subjectHasil Belajar, Media Gambaren_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KETING 03 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record