Show simple item record

dc.contributor.authorDODIK KRISDIANTO
dc.date.accessioned2014-01-23T02:18:20Z
dc.date.available2014-01-23T02:18:20Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM030210301330
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21760
dc.description.abstractKepuasan siswa pada jasa pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang diberikan oleh lembaga pemberi jasa kepada peserta didiknya. Apabila kualitas pelayanan yang diterima siswa sesuai dengan yang diharapkan, maka kualitas pelayanan jasa tersebut dipersepsikan sebagai kualitas yang baik atau memuaskan. Jika kualitas pelayanan yang diterima siswa melebihi harapan, maka kualitas jasa tersebut dipersepsikan sebagai kualitas jasa yang bermutu atau sangat memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel dimensi kualitas pelayanan jasa pendidikan yang meliputi : keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik terhadap kepuasan Siswa SMA Negeri Ambulu. Sedangkan hipotesis yang diajukan, pertama yaitu diduga variabel dimensi kualitas pelayanan jasa (keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik) mempunyai pengaruh yang nyata terhadap kepuasan siswa SMA Negeri Ambulu. Kedua yaitu diduga salah satu variabel dimensi kualitas pelayanan jasa mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan siswa SMA Negeri Ambulu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan penentuan daerah penelitian secara purposive area. Penelitian ini menggunakan stratefied Proposional random sampling dalam pengambilan sampel dan yang menjadi obyeknya adalah Siswa SMA Negeri Ambulu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi berganda, uji-F dan uji-t. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan yaitu variabel dimensi kualitas pelayanan jasa yang meliputi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan Siswa SMA Negeri Ambulu. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji simultan dengan menggunakan uji-F dimana F (104,512 ≥ 2.335). Koefisien determinasi berganda (R square hitung lebih besar dari F ix tabel ) sebesar 0,873 yang berarti bahwa variabel dimensi kualitas pelayanan jasa secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi kepuasan siswa SMA Negeri Ambulu sebesar 87,3%. Berdasarkan hasil sumbangan proporsi dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu, keandalan sebesar 14.472%, daya tanggap sebesar 17,547%, jaminan sebesar 14,475%, empati sebesar 30,572% dan bukti fisik sebesar 10,241%. Sedangkan variabel paling dominan yang mempengaruhi kepuasan siswa SMA Negeri Ambulu adalah variabel empati dengan nilai sebesar 30,572%. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa dimensi kualitas pelayanan jasa pendidikan yang diberikan SMA Negeri Ambulu meliputi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik mempunyai pengaruh yang segnifikan kepuasan Siswa SMA Negeri Ambulu. Sedangkan variabel dimensi kualitas pelayanan jasa yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan siswa SMA Negeri Ambulu adalah empati. Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Kegurauan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210301330;
dc.subjectPENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SISWAen_US
dc.titlePENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SISWA SMA NEGERI AMBULU-JEMBER TAHUN AJARAN 2008/2009en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record