Show simple item record

dc.contributor.authorLutfita Indri Rukmana
dc.date.accessioned2014-01-23T02:06:29Z
dc.date.available2014-01-23T02:06:29Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM090210204036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21745
dc.description.abstractKeterampilan membaca pemahaman merupakan jenis kegiatan membaca untuk memahami isi bacaan secara mendalam. Pembelajaran membaca pemahaman di SD disesuaikan dengan kurikulum yaitu dapat memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak.Kompetensi yang harus dicapai siswa adalah menyimpulkan cerita anak dalam beberapa kalimat. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan cerita pendek dengan maksud agar siswa lebih cepat memahami isi bacaan. Keterampilan siswa kelas VB SDN Sumberejo 03 Ambulu terhadap bacaan cerita pendek masih rendah, terutama pada membaca pemahaman. Hal ini dapat diketahui karena masih banyak siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan secara singkat serta tidak mampu menyimpulkan isi bacaan dengan baik. Metode resitasi adalah salah satu upaya untuk memperbaiki rendahnya kemampuan membaca siswa. Melalui metode pembelajaran resitasi, setiap siswa dapat belajar memahami isi bacaan, melatih kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas yang padsa akhirnya dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Melihat dari permasalahan yang muncul, maka masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan dan peningkatan kemampuan membaca cerita pendek melalaui metode resitasi siswa kelas VB SDN Sumberejo 03 Ambulu Kabupaten Jember tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuan dari penelitian ini adalah proses penerapan metode resitasi yang dapat meningkatkan kemampuan membaca cerita pendek siswa kelas VB SDN Sumberejo 03 Ambulu Kabupaten Jember tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberejo 03 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember, dimulai bulan November sampai dengan bulah Februari. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB dengan jumlah 29 anak, terdiri atas 20 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Hasil analisis tes siswa kelas VB SDN Sumberejo 03 Ambulu selama proses pembelajaran melalui metode pembelajaran resitasi pada siklus I mengalami peningkatan dari prasiklus. Rata-rata hasil tes pada tahap prasiklus sebesar 63,3 atau masuk dalam kategori cukup baik. Pada siklus I, hasil tes kemampuan membaca cerita pendek siswa sebesar 67,9 atau masuk dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil tes tersebut terlihat adanya peningkatan sebesar 4,6. Pada siklus II, hasil tes kemampuan membaca cerita pendek siswa juga mengalami peningkatan. Adapun hasil tes siswa yang diperoleh dari jumlah semua hasil tes siswa dibagi jumlah keseluruhan siswa pada siklus II yaitu sebesar 75,86 sehingga terjadi peningkatan sebesar 7,96 dari hasil tes siklus I. Hasil penelitian ini adalah metode pembelajaran resitasi dapat meningkatkan kemampuan membaca cerita pendek setelah diterapkannya metode resitasi pada siswa kelas VB SDN Sumberejo 03 Ambulu tahun pelajaran 2012/2013. Saran yang dapat diajukan hendaknya guru dapat menjadikan metode resitasi sebagai alternatif untuk meningkatkan proses pembelajaran. Guru juga harus memberikan penekanan pada kegiatan menyimpulkan isi bacaan. Selain itu, guru hendaknya lebih kreatif untuk memproduksi sendiri media pembelajaran agar dapat menciptkan suasana kelas yang menyenangkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204036;
dc.subjectMETODE RESITASIen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VB DALAM MEMBACA CERITA PENDEK MELALUI PENERAPAN METODE RESITASI DI SDN SUMBEREJO 03 AMBULU KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record