PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRIT PADA SISWA KELAS II SDN DUKUHMENCEK IV SUKORAMBI, JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktifitas dan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian melalui pendekatan
(contextual teaching and learning) CTL dengan menggunakan media benda konkrit pada
siswa kelas II SDN Dukuhmencek IV Sukorambi, Jember. Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas II SDN Dukuhmencek IV Sukorambi, tahun pelajaran 2011 dengan jumlah
siswa 27 anak. Penelitian tindakan ini dilakukan 2 siklus dan setiap evaluasi akhir. Data
yang dikumpulkan melalui metode Tes, Wawancara, Observasi, Dokumentasi.
Dari hasil observasi pada siklus I bahwa dengan menerapkan pembelajaran
Kontekstual diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 57,77 (lihat
lampiran) dan ketuntasan belajar mencapai 48,14% atau ada 13 siswa dari 27
siswa yang sudah tuntas belajar sedangkan siswa yang tidak tuntas mencapai
51,86%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus pertama secara klasikal
siswa belum tuntas belajar, karena siswa yang tuntas sebesar 48,14% sedangkan
ketuntasan yang dikehendaki yaitu sebesar 85 %. Hal ini disebabkan karena siswa
masih asing dengan diterapkannya pembelajaran kontekstual. Sedangkan pasa
siklus II sudah mengalami peningkatan yang cukup baik bila dibandingkan
dengan hasil pada siklus I. Dari Tabel dan Diagram dapat diperoleh nilai rata-rata
prestasi belajar siswa adalah 74,81 dan ketuntasan belajar mencapai 81,48% atau
ada 22 siswa dari 27 siswa sudah tubtas belajar. Maka secara klasikal ketuntasan
belajar yang telah tercapai sebesar 81,48% (Termasuk katagori Tuntas). Hasil dari
siklus II ini mengalami peningkatan lebih baik dari siklus I. Adanya peningkatan
hasil belajar pada siklus II ini dipengaharui oleh adanya peningkatan kemampuan
siswa mempelajari materi pelajaran yang telah diterapkan selama ini.