PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN SISTEM GERAK KELAS XI SMA
Abstract
Pada dasarnya pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan
kesejahteraan masyarakat. Kualitas sumber daya manusia harus ditingkatkan melalui
berbagai program pendidikan yang dilaksanakan secara sistematis dan terarah
berdasarkan kepentingan yang mengacu pada kemajuan ilmu pendidikan dan
teknologi. Ada tiga komponen yang perlu disoroti dalam pembaharuan pendidikan,
yaitu pembaharuan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran, dan efektifitas
pendekatan pembelajaran. Salah satu upaya dalam melakukan pembaharuan
pendidikan adalah melalui pembaharuan kurikulum. Kurikulum terbaru yang akan
digunakan saat ini adalah kurikulum 2013 yang didalamnya terkandung standar
kompetensi dan standar isi suatu materi yang nantinya mengacu kepada tecapainya
tujuan pendidikan. Untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan tersebut
tentunya diperlukan suatu sumber belajar, salah satu sumber belajar yaitu berupa
bahan ajar. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan berupa seperangkat materi yang
disusun secara sistematis yang digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran dan memungkinkan siswa untuk belajar.
Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian kali ini berupa buku siswa
(BS) dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning untuk siswa SMA.
Bahan ajar yang disusun nantinya disesuaikan dengan karakter berpikir siswa SMA
yang cenderung mengarah kepada kreativitas berpikir yang dimilikinya dan
memberikan suatu inovasi baru sebagai alternatif sumber belajar siswa yang lebih
menarik, karena buku yang digunakan sekarang ini cenderung lebih kedalam materi
dan latihan soal bukan mengarah kepada kreativitas berpikir siswa khususnya pada materi sistem gerak. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji bahan ajar
berbasis Pendekatan Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Sistem Gerak
kelas XI SMA.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa produk yang dihasilkan berupa
buku siswa yang valid atau layak sebagai sumber belajar. Penilaian dilakukan oleh
enam validator dengan rincian tiga validator ahli dan tiga validator pengguna. Hasil
penilaian dari para validator baik validator pengguna maupun ahli bahan ajar
memberikan nilai rata-rata 86,83% yang artinya produk baru berupa buku siswa siap
dimanfaatkan.
Pengembangan bahan ajar biologi berupa buku siswa pada materi sistem
gerak untuk SMA kelas XI berdasarkan rekapitulasi data validasi diperoleh gambaran
bahwa validitas bahan ajar biologi berupa buku siswa yang dikembangkan adalah
86,83% dengan kategori sangat valid. Kemudian untuk hasil angket mengenai uji
keterbacaan dan tingkat kesulitan yaitu persentase rata-rata sebesar 77,08% siswa
mengatakan mudah dan sisanya 22,92% siswa mengatakan sulit, sehingga diperoleh
kesimpulan bahwa siswa mampu menangkap dan memahami materi yang terdapat di
dalam buku siswa. Untuk hasil analisis angket respon siswa secara umum diperoleh
rata-rata persentase 81,66% siswa memberikan respon positif terhadap bahan ajar
yang dikembangkan sedangkan hanya 18,34% yang tidak merespon positif. Artinya
siswa sudah bisa memahami bahan ajar yang telah dikembangkan.