dc.description.abstract | IPS merupakan integrasi dari berbagai ilmu sosial untuk mengkaji
permasalahan sehari-hari masyarakat sekitarnya. IPS adalah aspek penting dari ilmu-
ilmu sosial yang dipilih dan diadaptasikan untuk digunakan dalam pengajaran di
sekolah-sekolah. Namun hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tergolong
rendah. Hal ini dikarenakan dalam penyampaian materi guru cenderung
menggunakan teknik dan media yang monoton sehingga kurang menarik minat siswa
dalam belajar.
Melalui penerapan pembelajaran kooperatif Tipe Team Game Tournament
(TGT) dengan media permainan mencari harta karun, siswa diajak untuk belajar
secara berkelompok dengan bermain permainan mencari harta karun dan pemberian
penghargaan disetiap akhir pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini
adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV B SD Negeri
Mumbulsari 01 melalui pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT).
(2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas IV B bidang studi IPS Pokok
Bahasan Masalah Sosial SD Negeri Mumbulsari 01 melalui model pembelajaran
kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)
untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Team
Game Tournament (TGT) dengan media permainan mencari harta karun dalam Pokok
Bahasan Masalah Sosial. (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media
permainan mencari harta karun bidang studi IPS pokok bahasan masalah sosial.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mumbulsari 01 kelas IV B, yang terdiri dari 24 siswa, 18 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang heterogen, untuk pembagian kelompok berikutnya didasarkan hasil dari pre-tes sebelum siklus dilaksanakan.
Pelaksanaan pembelajaran di kelas IV B dilaksanakan mulai tanggal 22
Januari 2011 sampai 5 Februari 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV B SDN
Mumbulsari 01 Jember. Data yang dikumpulkan merupakan hasil dari penelitian
aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil tes individu pada saat penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media
permainan mencari harta karun. Pada siklus I pertemuan I, hasil analisis aktivitas siswa mencapai 74%, aktivitas guru 78% dan tes individu 79%. Pertemuan II, analisis aktivitas siswa mencapai 82%, aktivitas guru 80% dan tes individu mencapai 83%. Pada siklus II pertemuan III yang merupakan kegiatan pemantapan dengan materi Perkembangan Teknologi Produksi analisis aktivitas siswa mencapai 87%, aktivitas guru 90% dan tes individu mencapai 86%.
Ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 86% dan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal di kelas IV B, sedangkan disiklus II sebagai kegiatan pemantapan persentase ketuntasan belajar mencapai 92%, sehingga peneliti menghentikan penelitian.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas
dan hasil belajar pada pokok bahasan masalah sosial sesudah diterapkannya
pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media
permainan mencari harta karun dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menyenangkan dan meningkatkan ketrampilan dalam mengemukan pendapat antar sesama teman serta siswa dapat berinteraksi dengan kelompok belajarnya. | en_US |