• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Variasi Sudut Pengapian pada Sistem Injeksi Etanol terhadap Unjuk Kerja motor bakar 4 Langkah

    Thumbnail
    View/Open
    K (252)k_1tehnik.pdf (1.138Mb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    PURWANTO, Agus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peningkatan performa mesin dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menggeser waktu pengapian lebih maju (advance). Bila waktu pembakaran dimulai pada awal sebelum titik mati atas, tekanan hasil pembakaran akan meningkat sehingga gaya dorong yang dihasilkan pada saat pembakaran meningkat dan menyebabkan torsi dan daya yang dihasilkan juga meningkat sekaligus konsumsi bahan bakar yang dihasilkan menjadi rendah. Waktu pengapian yang digeser lebih maju mengakibatkan suhu pada ruang bakar menjadi meningkat sehingga memungkinkan terjadinya detonasi pada mesin tersebut, untuk itu waktu pengapian yang telah digeser menjadi lebih maju membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan yang tinggi agar waktu pembakaran tepat pada waktunya. Penggunaan ethanol dengan nilai oktan tinggi sebesar 108 (RON) sebagai fluida pada sistem injeksi ethanol selain mencegah terjadinya detonasi juga akan meningkatkan daya dan torsi serta konsumsi bahan yang rendah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh sistem injeksi ethanol terhadap daya, torsi, konsumsi bahan bakar, perbandingan udara-bahan bakar, mengetahui pergeseran waktu pengapian yang mempunyai daya terbesar pada unjuk kerja motor bakar empat langkah. Dalam pengujian unjuk kerja motor bakar digunakan alat motor cycle dynamometer untuk mengetahui nilai daya, torsi, dan putaran mesin. Pengujian ini menggunakan variasi sudut pengapian 16 BTDC serta pembukaan kran 30 o , 60 vii o , dan 90 o o , 17 o , dan 18 . Kemudian hasil dari pengujian o dibandingkan dengan kondisi standart. Pengujian unjuk kerja motor bakar dilakukan pada gigi 1,2,3,dan 4. Hasil yang didapat dari pengujian unjuk kerja motor bakar adalah dengan pembukaan sudut kran 30 o pada sistem injeksi ethanol sudah dapat meningkatkan unjuk kerja motor bakar. Dari hasil pengujian dan analisa dalam pengujian ini torsi rata-rata terbesar terdapat pada variasi sudut pengapian 17 viii o BTDC sebesar 7,07 N.m pada putaran mesin 6000 rpm terjadi pada penggunaan ethanol dengan sudut kran 90 o . Peningkatan daya rata-rata terbesar terjadi pada variasi sudut pengapian 17 BTDC sebesar 7,13 HP pada putaran mesin 8000 rpm terjadi pada penggunaan ethanol dengan sudut kran 90 o .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21635
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4211]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository