• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DI MI AL MUJAHIDI TEMBOKREJO JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (349)_1_processed.pdf (599.4Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    SANGGA PAWIYAT DIGA NOVENSA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPS di MI Al Mujahidi pada umumnya masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan media jarang sekali digunakan, sehingga pemahaman terhadap konsep IPS sulit dipahami. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di MI Al Mujahidi Tembokrejo Jember pada tanggal 28 Januari 2012, terdapat permasalahan yaitu hasil belajar siswa yang belum maksimal dan siswa cenderung pasif karena metode yang digunakan guru cenderung monoton, yaitu menggunakan ceramah dan pemberian tugas. Oleh karena itu peneliti menggunakan pembelajaran kontekstual dengan media animasi untuk menarik minat dan perhatian siswa terhadap mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat melalui pembelajaran kontekstual menggunakan media animasi di MI Al Mujahidi Tembokrejo Jember? Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat di MI Al Mujahidi Tembokrejo Jember. Pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Pada intinya, pembelajaran kontekstual merupakan upaya inovasi pendidikan yang menekankan pada meaningful learning atau pembelajaran yang bermakna dengan cara mengkaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata (contextual). Sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena pembelajaran menjadi lebih bermakna yang tidak verbalisme. Dalam pelaksanaan pembelajaran, peneliti menggunakan media pembelajaran berupa animasi, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa diharapkan dapat berdampak pada kemampuan siswa dalam mengerjakan soal yang menyebabkan hasil belajar dapat meningkat. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al Mujahidi Tembokrejo Jember tahun pelajaran 2011/2012. Adapun subjek penelitian adalah siswa Kelas IV yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 1 Juni 2012 sampai 5 Juni 2012. Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kontekstual menggunakan media animasi terlaksana dengan lancar dan terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Motivasi siswa mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Skor rata-rata motivasi siswa pada pra siklus adalah 2,4 (kategori motivasi belajar rendah), pada siklus I adalah 3,3 (kategori motivasi belajar sedang), dan pada siklus II yaitu 4,2 (kategori motivasi belajar sangat tinggi). Sedangkan persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari pembelajaran pra siklus dengan persentase 57,89%, pada siklus I mencapai 73,68%, dan pada siklus II yang mencapai 89,47%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual menggunakan media animasi dapat meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran kontekstual menggunakan media animasi, sebaiknya guru menyiapkan perangkat pembelajaran dengan cermat terutama dalam pembuatan LKS, serta media animasi yang menarik bagi siswa sehingga dapat mengoptimalkan kegiatan pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21600
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository