dc.description.abstract | Kegiatan utama dalam proses pendidikan di sekolah adalah kegiatan belajar mengajar.
Pembelajaran yang terjadi di sekolah, khususnya di kelas, guru adalah pihak yang paling
bertanggung jawab atas hasil yang dicapai oleh siswa, untuk itu guru professional harus memiliki
empat kompetensi yaitu pedagogik, sosial, kepribadian dan profesional yang dapat mendukung
kinerjanya di sekolah.
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui kinerja guru IPS dan untuk mengetahui ada
tidaknya pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru IPS. Penelitian ini menggunakan
rancangan deskriptif kuantitatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi
linier sederhana, menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Unit analisis penelitian ini
adalah 38 guru IPS yang telah tersertifikasi di 26 SMP Negeri Se Kabupaten Jember.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa ada pengaruh
kompetensi guru terhadap kinerja guru IPS tersertifikasi secara signifikan. Nilai F-hitung > Ftabel
(213,767 > 4,113), sehingga dikatakan kompetensi guru berpengaruh secara signifikan
terhadap kinerja guru IPS tersertifikasi, dan hipotesis yang menyatakan bahwa pengaruh yang
besar kompetensi guru terhadap kinerja guru IPS tersertifikasi di SMP Negeri se Kabupaten
Jember diterima, dengan analisis koefisien determinasi variabel kompetensi guru yang memberi
pengaruh 85,6% terhadap kinerja guru. | en_US |