dc.description.abstract | Motivasi perlunya riset dilatar-belakangi oleh adanya fakta bahwa teknik
desain dan fabrikasi benda aksesoris bangunan yang saat ini digunakan oleh
pengrajin, secara ekonomis banyak menimbulkan kerugian industri. Pertama, karena
pola dan variasi desain yang ditawarkan masih terbatas, akibatnya, daya jual dan nilai
jual dari benda-benda tersebut pada konsumen menjadi rendah. Kedua, untuk
merealisasikan benda sehingga sesuai dengan pesanan pelanggan, resiko
kesalahannya juga masih tinggi, karena masih sulitnya melakukan pembuatan kotakcetakan
sehingga berdampak pada meningkatnya biaya produksi. Ketiga. dalam
proses pengolahan bahan dalam fabrikasi benda belum diperhatikan kebutuhan bahan
dan kualitas campuran, berakibat tingkat kualitas kekuatan benda juga menjadi
rendah' Sehubungan dengan hal ini, masalah riset dirumuskan sebagai berikut.
Pertama, mencari bangun-bangun geometris elemen dasar desain benda aksesoris
bangunan (baik dimensi dua ataupun tiga), kedua, mencari prosedur desain relief
benda, ketiga, mencari model-model kotak-cetakan benda aksesoris bangunan yang
hasil cetakannya memiliki prospek pasar, terakhir, mencari teknik fabrikasi dan uji
kualitas/kekuatan bahan yang ideal. Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini
adalah, pertoma, dapat dikembangkannya pola-pola baru bentuk desain benda
aksesoris bangunan. Kedua, dengan terbuatnya model-model kotak-cetakan bendabenda
aksesoris bangunan, maka pembangunan model tampilan profil untuk
permukaan gedung yang dibangun akan sangat mudah dilaksanakan . Ketiga, hasil
studi perhitungan keperluan bahan sangat berguna untuk mengurangi berat benda
sehingga biaya pengiriman menjadi lebih ringan dan berguna untuk menentukan
kekuatan benda sesuai dengan yang diinginkan. Hasilnya, dapat diperoleh: (a)
prosedur desain profil aksesoris bangunan motif segitiga nuansa simetris; (b) prosedur
desain profil aksesoris bangunan motif lingkaran/elips nuansa simetris; (c) prosedur
desain profil aksesoris bangunan dalam batas segitiga dan persegi panjang; (d)
prosedur umum transformasi bentuk poligon, kurva, dan permukaan; (e) program
komputer menurut masing-masing prosedur yang telah dirumuskan tersebut dengan
bantuan software Maple serta beberapa contoh desain dan fabrikasi benda aksesoris
bangunan. | en_US |