• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BENDA CAIR MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN KEMIRI 01 KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2011-2012PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ), EMOTIONAL QUOTIENT (EQ), DAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LOGIKA KELAS XI SMA NEGERI 4 TUBAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (77)_1.pdf (129.9Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    LATIFAH INDRIANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan mengetahui sifat-sifat benda cair melalui metode inkuiri dengan menggunakan media konkrit pada siswa kelas IV SDN Kemiri 01 Panti, jember. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kemiri 01 Kecamatan Panti Kabupaten ,Tahun Pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 20 anak. Penelitian tindakan ini di lakukan 2 siklus dan setiap siklus di lakukan evaluasi akhir. Data yang dikumpulkan melalui metode Tes, Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Dari hasil observasi pada siklus I bahwa dengan menerapkan metode Inkuiri diperoleh hasil ketuntasan belajar mencapai 45 % atau ada 9 siswa dari 20 siswa yang sudah tuntas belajar, karena siswa yang tuntas sebesar 11 sedangkan ketuntasan yang dikehendaki yaitu sebesar 85%. Hal ini disebabkan karena siswa masih asing dengan pembelajaran melalui metode inkuiri. Sedangkan pada siklus II sudah mengalami peningkatan yang cukup baik bila dibandingkan dengan hasil pada siklus I. Dari tabel dan diagram dapat diperoleh ketuntasan hasil belajar mencapai 85 % atau ada 17 siswa dari 20 siswa sudah tunntas belajar. Maka secara klasikal ketuntasan belajar yang telah tercapai sebesar 85 % (termasuk kategori tuntas). Hasil dari siklus II ini mengalami peningkatan lebih baik dari siklus I. Adanya peningkatan hasil belajar pada siklus II ini dipengaruhi oleh adanya peningkatan kemampuan siswa mempelajari materi pelajaran yang telah diterapkan selama ini.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21538
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository