PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BENDA CAIR MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN KEMIRI 01 KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2011-2012PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ), EMOTIONAL QUOTIENT (EQ), DAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LOGIKA KELAS XI SMA NEGERI 4 TUBAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas dan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan mengetahui sifat-sifat
benda cair melalui metode inkuiri dengan menggunakan media konkrit pada siswa
kelas IV SDN Kemiri 01 Panti, jember. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas
IV SDN Kemiri 01 Kecamatan Panti Kabupaten ,Tahun Pelajaran 2011-2012
dengan jumlah siswa 20 anak.
Penelitian tindakan ini di lakukan 2 siklus dan setiap siklus di lakukan
evaluasi akhir. Data yang dikumpulkan melalui metode Tes, Wawancara,
Observasi, Dokumentasi.
Dari hasil observasi pada siklus I bahwa dengan menerapkan metode
Inkuiri diperoleh hasil ketuntasan belajar mencapai 45 % atau ada 9 siswa dari 20
siswa yang sudah tuntas belajar, karena siswa yang tuntas sebesar 11 sedangkan
ketuntasan yang dikehendaki yaitu sebesar 85%. Hal ini disebabkan karena siswa
masih asing dengan pembelajaran melalui metode inkuiri. Sedangkan pada siklus
II sudah mengalami peningkatan yang cukup baik bila dibandingkan dengan hasil
pada siklus I. Dari tabel dan diagram dapat diperoleh ketuntasan hasil belajar
mencapai 85 % atau ada 17 siswa dari 20 siswa sudah tunntas belajar. Maka
secara klasikal ketuntasan belajar yang telah tercapai sebesar 85 % (termasuk
kategori tuntas).
Hasil dari siklus II ini mengalami peningkatan lebih baik dari siklus I.
Adanya peningkatan hasil belajar pada siklus II ini dipengaruhi oleh adanya
peningkatan kemampuan siswa mempelajari materi pelajaran yang telah
diterapkan selama ini.