Pengaruh Penerapan Assessment Portofolio dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Fisika
Abstract
Model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division)
merupakan bentuk model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan
kelompok-kelompok kecil yang tiap kelompok beranggotakan 4–5 siswa.
Kelebihan model pembelajaran ini siswa dapat mengembangkan kemamapuan
berinteraksi dan berkomunikasi dalam menyelesaikan suatu masalah. Sedangkan
assessment portofolio dapat diartikan sebagai bukti dan dokumen yang berupa
tugas-tugas yang terorganisir secara sistematis dari seseorang atau peserta didik
secara individual dalam proses pembelajaran selama satu periode tertentu.
Sehingga penerapan assessment portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe
STAD merupakan serangkaian kegiatan pengumpulan dokumen atau bukti-bukti
hasil kegiatan dan tugas siswa yang telah diberikan penilaian setelah
berlangsungnmya pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model
kooperatif tipe STAD selama satu unit pembelajaran. Tujuan diadakan penelitian
ini adalah: (1) Mengkaji pengaruh penerapan assessment portofolio dalam
pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada
pembelajaran fisika di SMA. (2) Mengkaji pengaruh penerapan assessment
portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas belajar
siswa pada pembelajaran fisika di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain control
group pre-test-post-test. Penentuan tempat penelitian adalah dengan purposive
sampling area yaitu SMA Negeri 1 Pesanggaran-Banyuwangi. Responden
penelitian ditentukan dengan teknik undian setelah dilakukan uji homogenitas.
vii
Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 dan X-4 semester ganjil
tahun ajaran 2008/2009. Data diambil dengan menggunakan metode dokumentasi,
wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, uji
normalitas, dan uji beda atau uji t.
Analisis data yang menggunakan uji ttes menunjukkan hasil thitung = 2,228
dan ttabel = 1,99 , sehingga thitung > ttabel yaitu 2,228 > 1,99 maka hipotesis nihil
(Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Jadi dapat dinyatakan bahwa
penerapan assessment portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD
berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa. Aktivitas siswa
dalam pembelajaran fisika pada kelas kontrol (menggunakan pembelajaran
konvensional) adalah 75,35 % termasuk dalam kategori aktif dan untuk kelas
eksperimen (menggunakan pembelajaran menerapkan assessment portofolio
dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD) adalah 83,48 % dalam kategori sangat
aktif.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Penerapan assessment portofolio
dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh secara signifikan terhadap
peningkatan hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan Hukum Newton dan
Penerapannya siswa kelas X SMA Negeri 1 Pesanggaran-Banyuwangi semester
ganjil tahun ajaran 2008/2009. (2) Penerapan assessment portofolio dalam
pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas
belajar fisika siswa pada pokok bahasan Hukum Newton dan Penerapannya siswa
kelas X SMA Negeri 1 Pesanggaran-Banyuwangi semester ganjil tahun ajaran
2008/2009.