MODEL TUGAS MENSKET KONSEP FISIKA PADA KEJADIAN SEHARI-HARI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA (Diimplementasikan Dengan Model Investigasi Kelompok Pada Pokok Bahasan Dinamika Partikel)
Abstract
Model tugas mensket konsep fisika pada kejadian sehari – hari yang
diimplementasikan dengan model investigasi kelompok, merupakan sebuah metode
alternatif dalam melakukan pembelajaran. Penelitian dengan model tugas mensket
konsep fisika pada kejadian sehari – hari yang diimplementasikan dengan model
investigasi kelompok ini mengkaji tentang proses dan hasil selama pembelajaran.
Pengkajian tersebut difokuskan pada rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu
begaimanakah aktivitas siswa, efektifitas pembelajaran, dan retensi hasil belajar siswa
setelah pembelajaran menggunakan model tugas mensket konsep fisika pada kejadian
sehari – hari yang diimplementasikan dengan model investigasi kelompok?.
Jenis penelitian ini adalah “bagian dari Research and Development”.
Penerapan model tugas mensket konsep fisika pada kejadian sehari – hari yang
diimplementasikan dengan model investigasi kelompok akan menghasilkan data yang
nantinya digunakan dalam mengkaji aktivitas, efektifitas, dan retensi hasil belajar
siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA yang belajar fisika, dan
sampelnya adalah siswa SMA yang belajar fisika dengan menggunakan model tugas
mensket konsep fisika pada kejadian sehari – hari yang diimplementasikan dengan
model investigasi kelompok. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini
menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tes dilaksanakan guna
memperoleh data pre-test, post-test, dan tes tunda. Data pre-test dan post-test
digunakan untuk mengkaji efektifitas belajar siswa. Data post-test dan tes tunda
digunakan untuk mengkaji retensi hasil belajar siswa. Untuk mengkaji aktivitas balajar siswa, dibutuhkan data dari hasil observasi selama proses pembelajaran
berlangsung. Selain tes dan observasi, wawancara terhadap guru dan siswa juga
dilakukan untuk memperoleh data penunjang selama penelitian. Dokumentasi yang
berupa daftar nama siswa dan foto – foto selama penelitian, juga diperlukan sebagai
data tambahan. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) aktivitas belajar siswa
menggunakan model tugas mensket konsep fisika pada kejadian sehari-hari yang
diimplementasikan dengan model investigasi kelompok tergolong baik (2) efektifitas
pembelajaran menggunakan model tugas mensket konsep fisika pada kejadian seharihari
yang diimplementasikan dengan model investigasi kelompok tergolong sangat
efektif, (3) retensi hasil belajar fisika siswa terhadap materi yang disampaikan
menggunakan model tugas mensket konsep fisika pada kejadian sehari-hari
tergolong kuat.