PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS VII C SMP NEGERI 7 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Berdasarkan data pra siklus yang dilakukan pada tanggal 28 Nopember
2011 di kelas VII C SMP Negeri 7 Jember, ditemukan aktivitas belajar dan
ketuntasan hasil belajar fisika siswa tergolong masih rendah serta karakter siswa
masih perlu dikembangkan. Berdasarkan data hasil pra siklus, dari 44 siswa
menunjukkan hanya 34,09% siswa yang memperhatikan penjelasan guru sehingga
dapat diketahui karakter kerja keras masih perlu dikembangkan, 36,36% siswa
yang aktif mencatat , tidak ada siswa yang bertanya pada saat proses belajar
mengajar berlangsung meskipun siswa tidak memahami materi yang disampaikan
guru sehingga dapat diketahui karakter rasa ingin tahu masih perlu dikembangkan,
38,36% siswa yang mengerjakan tugas sedangkan yang lain mencontek pada
teman yang mengerjakan sehingga dapat diketahui karakter jujur dan tanggung
jawab masih perlu dikembangkan. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VII
C SMP Negeri 7 Jember juga masih rendah. Berdasarkan data ulangan harian
kelas VII C dari 44 siswa hanya 48% yang mendapatkan nilai ≥ 72 sedangkan
52% siswa lainnya mendapatkan nilai < 72.
Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan
metode eksperimen berbasis pengembangan karakter siswa dengan tujuan untuk
meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa serta mengembangkan
karakter siswa menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share dengan
metode eksperimen berbasis pengembangan karakter siswa. Model kooperatif
tipe Think Pair Share dengan metode eksperimen berbasis pengembangan
karakter siswa dalam pembelajaran terdapat kerjasama antar siswa dalam kelompok, motivasi, eksperimen, diskusi, presentasi di depan kelas, dan aktivitas
berkarakter sehingga dapat melatih siswa untuk saling berbagi memiliki rasa
tanggung jawab, aktif menjawab pertanyaan, berani berbicara di depan kelas,
memotivasi siswa dalam belajar, siswa lebih percaya atas kebenaran dari
percobaannya sendiri, serta siswa dapat berprilaku baik.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian
sudah ditetapkan di kelas VII C SMP Negeri 7 Jember tahun ajaran 2011/2012
yang dimulai tanggal 28 Nopember 2011 sampai dengan 9 Desember 2011.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas
siswa serta karakter siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil
belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi
dan siswa.
Data tentang aktifitas belajar dan karakter siswa diperoleh dari hasil
observasi dengan instrumen observasi. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa
diperoleh dari hasil post test dan observasi. Aktivitas belajar, karakter, dan
ketuntasan belajar fisika siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan.
Aktifitas belajar siswa yang mengacu pada pembentukan karakter siswa selama
proses pembelajaran fisika yang terdapat dalam Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) mengalami peningkatan dan karakter siswa yang meliputi
jujur, tanggung jawab, kerja keras, rasa ingin tahu, disiplin sudah berkembang.
Berdasarkan analisis hasil belajar fisika pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil
belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 61%. Siklus 2 diperoleh ketuntasan
hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 86%. Dari hasil di atas
menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan
metode eksperimen berbasis pengembangan karakter siswa dapat meningkatkan
aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa serta dapat
mengembangkan karakter siswa.