dc.description.abstract | Persaingan dalam industri otomotif khususnya sepeda motor semakin
pesat. Sepeda motor merek Bajaj merupakan pendatang baru ditengah pasar
persaingan yang dikuasai dengan produk-produk dari Jepang. CV. Andy Motor
Jaya Cabang Jember sebagai dealer resmi Bajaj di wilayah Jember memerlukan
upaya untuk memperoleh positioning. Oleh karena itu, komunikasi pemasaran
menjadi salah satu elemen penting yang digunakan untuk memperoleh
positioning. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan komunikasi pemasaran
dalam upaya memperoleh positioning produk sepeda motor merek Bajaj pada CV.
Andy Motor Jaya Cabang Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian
yang menghasilkan data - data deskriptif. Semua informasi yang digunakan
diperoleh dari hasil wawancara mendalam, pengamatan serta studi pustaka.
Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis domain dan taksonomi.
Penggunaan domain dan taksonomi bertujuan untuk memperjelas dan membatasi
permasalahan dalam penelitian. Informasi yang diperoleh diolah dan dianalisis
kemudian diinterpretasikan untuk memperoleh kesimpulan akhir penelitian.
Hasil penelitian mendiskripsikan bahwa dalam upaya memperoleh
positioning dilakukan dengan komunikasi pemasaran. Implementasi komunikasi
pemasaran dilakukan menggunakan sarana promosi penjualan dengan pameran
dan hadiah, periklanan pusat dan lokal, penjualan pribadi melalui pendekatan
telepon, langsung atau melalui brosur, hubungan masyarakat dengan menjadi
sponsorship dan mengadakan event. Respon positif yang diberikan khalayak
sasaran masih membuat penjualannya jarang mencapai target dikarenakan kendala
yang ada. Kendala disini merupakan gangguan yang dihadapi karena adanya
keterbatasan dealer, keterbatasan sales promotion yang dimiliki, keterbatasan
promosi yang dilakukan serta banyaknya promosi yang dilakukan oleh
pesaingnya. Positioning sepeda motor ini sebagai sepeda motor sport berteknologi
untuk lelaki dengan harga terjangkau masih dibawah produk-produk dari Jepang. | en_US |