Show simple item record

dc.contributor.authorLAODE RAHMAT ISMAIL
dc.date.accessioned2014-01-22T23:44:26Z
dc.date.available2014-01-22T23:44:26Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM070210204019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21455
dc.description.abstractLaode Rahmat Ismail, 070210204019, 2011: 55 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Motivasi belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPS berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah metode mengajar guru yang kurang membangkitkan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar ( IPS ) pokok bahasan masalah sosial di lingkungan sekitar siswa kelas IVA SDN Kepatihan 03 Jember Tahun Ajaran 2010/2011, serta Bagaimanakah penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar ( IPS ) pokok bahasanmasalah sosial di lingkungan sekitar siswa kelas VI A SDN kepatihan 03 Jember Tahun Ajaran 2010/2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode diskusi kelompok pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di SDN Kepatihan 03 jember Kecamatan Kaliwates. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi, yaitu di kelas IVA dengan jumlah siswa sebanyak 45 siswa. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas IVA dan guru kelas IVA, sedangkan data sekunder diperoleh dari guru kelas IVA. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian sebelum tindakan skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 2,8 dengan kriteria rendah, sedangkan hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 51,1%. Pada siklus I, motivasi belajar siswa meningkat menjadi 3,2 dengan kriteria sedang, dan hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75%. Pada siklus II, motivasi dan prestasi belajar siswa semakin meningkat dengan skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 41 dengan kriteria tinggi. Peningkatan tersebut searah dengan peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86%. Berdasarkan hasil penelitian dan paparan pada bab sebelumnya dapat di peroleh kesimpulan bahwa Penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Kepatihan 03. Hal ini terlihat dari persentase motivasi siswa sebelum tindakan rendah setelah pelaksanaan tindakana siklus I motivasi belajar siswa meningkat menjadi sedang, hal ini ditunjukan dengan prilaku siswa bersemangat selama pembelajaran berlangsung, namum pada pelaksanaan siklus I beberapa hambatan misalnya beberapa siswa masih canggung dan bingung dalam proses pembelajaran maka peneliti melanjutkan tindakan ke siklus II, persentase yang dicapai pada siklus II tergolong dalam kategori motivasi tinggi hal ini di tunjukan dengan rasa senang, semangat siswa dalam pelaksanan pembelajaran, ketutasan hasil belajar siswa sebelum tindakan tidak tuntas setelah tindakan siklus I, siklus II berubah menjadi tuntas, Saran dari penilitian ini adalah sebelum melaksanakan pembelajaran dengan mengunakan metode disksi di harapkan guru siswa telebih dahulu diperkenalkan dengan materi prosudur diskusi, penerapan metode didkusi kelompok dapat digukan guru sebagai wariasi dalam pelaksan pembelajaran. Pada pokok bahasan yang lain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204019;
dc.subjectPenerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Pokok Bahasan Masalah Sosialen_US
dc.titlePENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL PADA KELAS IVA SDN KEPATIHAN 03 JEMBER TAHUAN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record